Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Terjadi di Tuban

  • Bagikan
Gempa Bumi di Tuban. (Foto: Website BMKG/Tugu Jatim)
Gempa Bumi di Tuban. (Foto: Website BMKG/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Gempa bumi terjadi di Kabupaten Tuban Selasa sore (16/02/2021), tepatnya sekitar pukul 15.42 WIB. Titik kedalaman gempa pada 649 kilometer di atas permukaan air laut (dpl).

Kekuatan gempa itu sendiri mencapai 5,2 magnitudo (M) yang berada di 21 km timur laut Bumi Wali atau 6,70 lintang selatan dan 112,05 bujur timur.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang
Virtual Class Tugu Malang x Paragon, Tugu Jatim, Tugu Media Group
Ads.

Kepala Stasiun Kelas III Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban Rofiq Isa Mansur membenarkan terkait hal tersebut. Namun, gempa tidak dirasakan untuk daerah Kabupaten Tuban dan sekitarnya.

“Memang terjadi gempa, Mas. Sumber gempa sangat dalam sekitar 649 km dari dpl,” kata Rofiq lewat pesan singkatnya.

Rofiq menambahkan, meskipun terjadi gempa bumi, ini tidak berdampak pada kerusakan. Pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar tak khawatir. Sebab, gempa tak berpotensi tsunami.

“Tidak perlu khawatir dan tidak berpotensi tsunami,” tambahnya.

Pesan singkat Kominfo BMKG kepada warga. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Pesan singkat Kominfo BMKG kepada warga. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

Sementara itu, salah satu warga bernama Wisnu merasa kaget karena mendapatkan pesan singkat info BMKG terkait adanya gempa di Tuban. Padahal, dia dan beberapa orang di sekitarnya tidak merasakan ada guncangan maupun getaran apa pun.

“Tadi saya juga kaget, kok ada pesan seperti ini (info gempa, red). Semoga tidak terjadi apa-apa,” ujarnya. (Mochamad Abdurrochim/ln)

  • Bagikan