Gempa Terkini Magnitudo 6,4 Guncang Perairan Minahassa, Gorontalo

  • Bagikan
Daerah rawan gempa dan tsunami di Indonesia.
Daerah rawan gempa di BMKG Karangkates, Malang. (Foto: RAP)

GORONTALO, Tugujatim.id – Selain Bengkulu, gempa terkini juga mengguncang perairan Minahassa tepatnya di Bone Bolango, Gorontalo dengan kekuatan M 6,4, pada Kamis (7/1/2021) dini hari tadi sekitar pukul 03.59 WIB.

“Gempa dengan M6,4 berada pada lokasi 71 km barat daya Bone Bolango- Gorontalo,” terang  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan resminya, Kamis (7/1/2021) pagi.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Ia menjelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi di perairan Minahassa tersebut terjadi di kedalaman 131 km di bawah laut. Pihaknya juga menyatakan bahwa guncangan tersebut aman dari ancaman bahaya tsunami.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Saeguk, Drama Korea Berlatar Belakang Kerajaan

“Berdasarkan pemodelan tidak memicu tsunami,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi Pusdalops BPBD Kabupaten Bone Bolango, gempa terasa sedang sekitar 5 detik di Bone Bolango. Pantauan setempat mencatat tidak ada masyarakat yang keluar rumah.

Sementara itu, berdasarkan kekuatan gempa dengan skala MMI, BMKG merilis sebagai berikut, II-III  MMI di wilayah Gorontalo, II-III MMI Luwuk, II  MMI Manado, II  MMI Bolsel, II  MMI Ternate, II  MMI Tidore, II-III  MMI Morowali, II  MMI Labuha dan II-III Boroko Bolmong.

Sebagai informasi, sebelumnya pada hari yang sama, Kamis (7/1/2021) juga terjadi guncangan di kawasan Provinsi Bengkulu sekitar pukul 00.28 WIB. Getaran berkekuatan M 5,8 sempat membuat warga panik dan berlari berhamburan keluar rumah.

BPBD Kota Bengkulu menginformasikan bahwa gempa tersebut berpusat di 41 km barat daya Bengkulu Selatan dan berkedalaman 31 km. (*/gg)

  • Bagikan