Hari Anak Nasional, Seniman Musik Cak Gik Arbanat Persembahkan Mars untuk SD Aisyiyah Kamila Malang

Hari Anak Nasional, Seniman Musik Cak Gik Arbanat Persembahkan Mars untuk SD Aisyiyah Kamila Malang

  • Bagikan
Launching Mars SD Aisyiyah Kamila di Hari Ulang Tahun ke 18 pada Sabtu, (30/07/22).
Launching Mars SD Aisyiyah Kamila di Hari Ulang Tahun ke 18 pada Sabtu, (30/07/22). (Foto: Dokumen/SD Aisyiyah Kamila )

Tugujatim.id – Seniman musik legendaris asal Malang, Cak Gik Arbanat, kembali mempersembahkan sebuah karya kepada anak-anak. Kali ini, dia menciptakan mars untuk Sekolah Dasar Aisyiyah Kamila yang sekaligus untuk memperigati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2022 kemarin.

Pria dengan nama asli Sugiarto itu mengaku bahwa anak-anak dari sekolah tersebut merupakan inspirasinya dalam pembuatan mars ini. Beberapa kali membantu mengisi acara perpisahan di sekolah tersebut membuat Cak Gik menyadari betapa antusiasnya murid-murid di sana soal musik.

Cak Gik Arbanat menjabarkan, lirik dari mars ini ditulis kepala Sekolah SD Aisyiyah Kamila, Reni Nur Farida, sesuai dengan visi dan misi sekolah dasar tersebut. Ia juga menjelaskan membantu menggubah dan mencocokan lirik tersebut sedemikian rupa agar sesuai. Sedangkan lagu dan nadanya dia ciptakan sendiri mulanya lewat gitar.

“Tanggal 23 Juli 2022 bertepatan dengan Hari Anak Nasional, lagu itu saya garap dan betul ini adalah hadiah untuk adik-adik SD Aisyiyah. Kira-kira saya memproses lagu ini selama 5-6 jam,” kata alumni Prodi Ilkom UMM tersebut.

3 Kali Buat Mars Anak

Cak Gik Arbanat bercerita bahwa ini bukan kali pertama dia membuat lagu untuk sebuah sekolah. Dia berkata sudah 3 kali mendedikasikan lagu untuk sekolah.

Di tahun 1998, pria yang tergabung dalam grup musik ‘Soegoeng Rawoeh’ itu membuatkan lagu untuk SMP PGRI 01 Dau, Sengkaling berjudul ‘Senja di Sekolahku’.

Yang kedua, di tahun 2000-an awal, dia menggarap mars untuk SMP Diponegoro, Junrejo, Batu. Dan yang ketiga, sebuah mars dipersembahkan untuk SD Aisyiyah Kamila. Menurutnya juga, proses pembuatan mars atau lagu untuk sekolah tidak ada bedanya dengan lagu-lagu lain yang pernah diciptakan.

“Proses penciptaannya sebetulnya sama saja sih, untuk lagu-lagu yang lain baik lagu tentang alam, ke-Indonesiaan, atau lagu untuk dikonsumsi anak-anak. Maksud dan tujuan saya memberikan lagu itu adalah untuk memberikan spirit kepada adik-adik,” kata Cak Gik Arbanat.

Berkenaan dengan Hari Anak Nasional, dia menjanjikan akan selalu berusaha untuk terus berproses kreatif dan membuat lagu anak-anak. Ia juga berpesan agar anak-anak selalu bernyanyi lagu yang sesuai dengan umur mereka.

“Pesan saya untuk adik-adik tolong bernyanyilah lagu-lagu yang sesuai kalian, bukan lagu untuk orang dewasa. Tolong juga dikurangi waktu untuk main game di HP, lebih baik adik-adik itu bermain di alam bebas, ndak tau itu jumpritan, dakon, gobak sodor, tekongan, bedil-bedilan, atau bermain di sawah dan layang-layang itu akan lebih menyehatkan daripada kalian duduk senden kemudian main game,” kata dia.

Liriknya Dibuat Kepala Sekolah

Sementara itu, sepala sekolah SD Aisyiyah Kamila, Reni Nur Farida, mengatakan bahwa dia berkontribusi menciptakan lirik lagunya. Menurutnya, lirik lagunya tidak banyak dan panjang, hanya terdiri dari 3 bait dan 12 baris.

Namun ada 3 hal penting yang terkandung dalam syair tersebut. Yaitu, harapan terhadap SD Aisyiyah Kamila, motivasi untuk guru dan murid, dan kesan baik selama mengenyam pendidikan disana.

“Kalau dari liriknya memang kami sengaja membuat dilirik lagunya mengandung kalimat harapan kepada SD Aisyiyah. Kemudian kesan dan motivasi kami selama bertahun-tahun disini saya tuangkan semua disitu (lirik lagu),” ujar Kepala Sekolah yang telah menjabat sejak 2020 itu.

Selain dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli lalu, peluncuran mars sekolah ini sekaligus merayakan Gebyar Milad atau Hari Ulang Tahun (HUT) SD Aisyiyah ke 18 yang jatuh pada Sabtu (30/07/2022).

Setelah 18 tahun lamanya berdiri, mars yang tercipta atas kolaborasi Cak Gik selaku pembuat lagu dan Reni Nur Farida selaku penulis lirik ini merupakan mars pertama yang dimiliki SD Aisyiyah Kamila.

Beberapa agenda kegiatan telah dilakukan pada HUT SD Aisyiyah Kamila seperti lomba setara Taman Kanak-Kanak (TK), jalan sehat anak-anak TK se-Malang Raya, jalan sehat untuk murid-murid, wali murid, dan warga sekitar, dan yang terakhir launching lagu mars.

Acara tersebut turut dihadiri oleh perintis-perintis dari SD Aisyiyah Kamila pada tahun 2004 silam, pimpinan daerah Aisyiyah Kota Malang, pengurus cabang Aisyiyah, juga Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah yang resmi melaunching lagu mars di hari bahagia sekolah dasar itu.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

  • Bagikan