Haul Hybrid Bung Karno, Nurani Soyomukti akan Kupas Ideologi Pancasila Soekarno di Unikama

Haul Hybrid Bung Karno, Nurani Soyomukti akan Kupas Ideologi Pancasila Soekarno di Unikama

  • Bagikan
Pamflet acara haul hybrid Bung Karno oleh Tugu Madia group bersama Unikama.
Pamflet acara haul hybrid Bung Karno oleh Tugu Madia group bersama Unikama. (Foto: Dokumen)

Dalam Rangka Haul Hybrid Bung Karno  Tugu Media Group

Tugujatim.id – Penulis sosok Bung Karno, Nurani Soyomukti, secara khusus akan menyingkap ideologi Pancasila Soekarno di acara acara Haul Hybrid Bung Karno, yang diselenggarakan Tugu Media Group bekerjasama dengan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Kamis (30/6/2022). Secara lebi luas, dia akan mengulas pemikiran Bung Karno.

Bung Karno, menurut Nurani, adalah salah seorang tokoh bangsa yang memang bisa dilihat dari berbagai perspektif. Utamanya saat membahas tentang merawat Pancasila. Sebab, salah satu ciri pemerintahan Soekarno, kata dia, selain kebangsaan adalah pluralisme.

“Karena satunya tokoh yang paling sahid untuk disebut sebagai bapak ideologi bangsa adalah Soekarno. Karena memang pidato Pancasila itu jelas bisa kita lihat bahwa mampu mengelaborasi kebutuhan sejarah,” kata pria mantan aktivis ini.

Dalam acara yang berlangsung hybrid itu, dirinya juga bakal mengupas tentang perbedaan ideologi yang berkembang. Sebab penting baginya untuk kembali mengingatkan generasi bangsa tentang pemikiran yang nantinya bisa dielaborasikan dalam masyarakat.

“Dalam konteks kehidupan Soekarno ketika ia lahir dan berkembang seperti apa, yang memang memiliki karakter kepemimpinan yang cukup kuat,” terangnya.

Selain itu, kata Nurani, Soekarno juga layak disebut sebagai tokoh literasi yang tak terbantahkan. Sebab, sisi lain Soekarno gemar membaca buku hingga muncul banyak pemikiran yang kemudian ditulis sebagai esai ataupun artikel.

Dengan demikian, ia berharap sebuah peringatan ini bisa diterima dan disebarluasan oleh masyarakat, khususnya para generasi muda.

“Minimal tiap tahun memang harus diperingati acara seperti ini, khususnya kepada anak muda yang memang kedepan harus dibekali dengan pemikiran pemikiran para tokoh bangsa, termasuk Bung Karno selaku tokoh utama Revolusi Indonesia,” tukasnya.

Haul Hybrid Bung Karno akan digelar di Unikama, Kamis 30 Juni 2022. Tema yang diusung: Merawat Pemikiran Bung Karno “Menapaki Jejak Perjuangan Putra Sang Fajar”. Bagi Anda yang ingin bergabung, silakan mendaftarkan diri di laman ini (klik laman) atau hubungi kontak Ketua Pelaksana atas nama Fajrus di nomor 08563616435.

Ucapan terimakasih kepada para sponsor: PT Foxstar International, Golden Playwood, OJK Malang. Didukung oleh: Grand Mercure Mirama, Perumda Tugu Tirta, Bus Bagong, Jawa Timur Park (JTP), dan BPJS Ketenagakerjaan

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

Penulis: Feni YusniaEditor: Herlianto. A
  • Bagikan