Herd Immunity Kota Batu Ditargetkan Tercapai Maret 2022, Vaksinasi Baru Selesai 26,7 Persen - Tugujatim.id

Herd Immunity Kota Batu Ditargetkan Tercapai Maret 2022, Vaksinasi Baru Selesai 26,7 Persen

  • Bagikan
Pelaku usaha pariwisata menjalani vaksinasi Covid-19 di Jatim Park 2 Kota Batu, Rabu (23/6/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim) herd immunity
Pelaku usaha pariwisata menjalani vaksinasi Covid-19 di Jatim Park 2 Kota Batu, Rabu (23/6/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menargetkan herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat Kota Batu bisa tercapai pada Maret 2022 mendatang. Sementara saat ini, realisasi pencapian vaksinasi Covid-19 Kota Batu masih di angka 26,7 persen dari target sasaran vaksinasi.

Kepala Dinkes Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari menjelaskan, herd immunity Kota Batu dapat tercapai jika 70 persen atau 149,7 ribu penduduk Kota Batu sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Namun menurutnya, herd immunity yang ditargetkan bisa tercapai pada Maret 2022 itu juga tergantung pada kecepatan distribusi vaksin Covid-19 yang dialokasikan Pemerintah Pusat ke Kota Batu.

“Kalau untuk kita saat ini belum ada distribusi baru. Kemarin baru ada itu sekitar tambahan 250 dosis, itu untuk tambahan dosis satu,” ujar Kartika, Kamis (29/7/2021).

Dikatakan, distribusi vaksin Covid-19 yang datang ke Kota Batu memang terbatas. Sehingga kelancaran penyaluran vaksinasi kepada masyarakat juga terkendala pada jumlah ketersediaan vaksin tersebut.

Sementara saat ini disebutkan, antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 telah meningkat. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk bersabar menunggu kedatangan vaksin selanjutnya jika ketersediaan di Kota Batu sudah habis.

Dengan adanya dukungan vaksinasi dari TNI, kini masyarakat Kota Batu bisa kembali melakukan vaksinasi. Dia juga memberikan apresiasi kepada Kodim 0818 Kabupaten Malang yang memberi dukungan vaksin untuk Kota Batu.

“Kita sudah tiga kali vaksinasi bersama TNI. Pertama yang di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota. Berikutnya kita lakukan di Puskesmas dan beberapa rumah sakit. Total distribusi vaksin dari TNI sekitar 1.370 dosis,” ucapnya.

  • Bagikan