Hobi Belanja? Coba Pertimbangkan Dulu 3 Hal Ini! - Tugujatim.id

Hobi Belanja? Coba Pertimbangkan Dulu 3 Hal Ini!

  • Bagikan
belanja, hobi belanja, dan diskon belanja
Ilustrasi hobi belanja. (Foto: Unsplash)

Menjelang akhir tahun, berbagai penawaran menarik dari situs belanja online semakin ramai. Apalagi promo tiap bulan seperti 12.12 juga selalu menggiurkan meski sering berakir dengan dompet jebol. Diskon dan promo memang selalu menggoda namun apa betul kita memang membutuhkan barang tersebut? Daripada terus mengulang pola yang selalu berakhir penyesalan, cobalah pertimbangkan beberapa hal ini sebelum berbelanja.

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Memang terdengar klise namun gagal membedakan antara kebutuhan dan keinginan semata adalah penyebab terbesar terjadinya pemborosan. Seringkali saat ada promo besar-besaran kita menjadi ‘gelap mata’ dan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Label diskon 80% semakin mengundang untuk segera melakukan pembelian sebelum harga kembali normal.

Sebenarnya hal mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menanyakan pada diri sendiri. Apakah kamu akan merasa kesulitan jika tidak memilikinya saat itu juga? Keinginan memang boleh-boleh saja namun alangkah lebih baik jika keinginan ini sudah direncanakan dahulu dalam budget keuanganmu.

Pertimbangkan soal waktu pembelian

Sebelum membeli barang dengan label ‘ON SALE’ atau diskon 90%, coba tanyakan ‘Apakah aku juga akan membelinya apabila dijual di harga normal?’ Jika jawabanmu tidak maka akan lebih baik untuk menunggu waktu yang lebih tepat untuk membelinya.

Kebiasaan untuk membeli barang secara berlebihan juga biasanya dipengaruhi oleh tren yang berkembang di masyarakat. Perlu diketahui bahwa tren akan terus berkembang dengan produk baru. Jika kamu terus mengikuti tren, apalagi yang cenderung tren musiman, bisa bayangkan berapa banyak uang yang akan kamu habiskan untuk hal ini?

Pertimbangkan soal harga barang

Trik pemasaran seringkali mengecoh dan menggoda kita untuk segera membeli barang yang mereka jual. Label diskon terbukti lebih ampuh untuk menarik perhatian pembeli daripada sekedar menurunkan harga. Bahkan label diskon seringkali mengecoh seolah-olah harga tersebut memang turun 80% dari harga normal.

Disinilah penting untuk mencari informasi lebih banyak terkait harga barang tersebut. Perlu untuk mengecek lebih dari satu toko yang menjual barang sama. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan penawaran yang terbaik dengan melakukan hal ini. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: today.com

  • Bagikan