Hujan Deras Picu Tanggul Ambrol hingga Atap Jebol di Kota Batu - Tugujatim.id

Hujan Deras Picu Tanggul Ambrol hingga Atap Jebol di Kota Batu

  • Bagikan
Tanggul atau plengsengan di depan Puskesmas Pembantu di Kelurahan Temas, Kota Batu yang ambrol akibat tidak bisa menahan debit air, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu) tugu jatim
Tanggul atau plengsengan di depan Puskesmas Pembantu di Kelurahan Temas, Kota Batu yang ambrol akibat tidak bisa menahan debit air, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

BATU, Tugujatim.id –  Hujan deras disertai angin mengguyur Kota Batu sejak Sabtu (11/9/2021) hingga Minggu (12/9/2021) pagi menyebabkan ambrolnya tanggul di depan Puskesmas Pembantu, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Sabtu (11/9/2021) petang. Selain plengsengan ambrol, hujan juga membuat salah satu atap rumah warga jebol.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusdalops BPBD Kota Batu, dari akibat naiknya debit air dari guyuran hujan deras di Kota Batu, plengsengan berundak di Jalan Wukir RT 01 RW 04, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu ambrol. Kejadian ini diketahui pukul 18.00 WIB.

Adapun, plengsengan yang ambrol ini berdimensi panjang 14,5 meter dan tinggi 4 meter. Ambrolnya plengsengan dikarenakan dinding saluran drainase yang tidak dapat menahan debit air yang meningkat akibat hujan.

”Kategorinya rusak sedang. Tidak ada korban jiwa,” kata Kasi Kadaruratan dan Kebencanaan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim lewat keterangan tertulisnya.

Petugas BPBD Kota Batu saat meninjau atap rumah warga yang jebol akibat guyuran air hujan yang terlalu deras. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu) tugu jatim
Petugas BPBD Kota Batu saat meninjau atap rumah warga yang jebol akibat guyuran air hujan yang terlalu deras. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

Lebih lanjut, pihaknya merekomendasikan agar plengsengan ini segera dibangun kembali mengingat letak plengsengan berada tepat di depan puskesmas. Selain itu, normalisasi aliran sungai dari pendangkalan maupun sampah bisa segera dilakukan, mengingat musim hujan sudah tiba.

”Kami imbau masyarakat untuk waspada, karena debit aliran sungai cukup besar dan deras,” imbau dia.

Di waktu bersamaan, di daerah yang sama, di Jalan Wukir Gang 11B, RT 03 RW 05, atap rumah seorang warga, Sahid sampai jebol. Diketahui, peristiwa ini terjadi sekira pukul 18.15 WIB.

Akibat dari intensitas hujan tinggi disertai angin ini menyebabkan atap rumah tidak bisa menahan tampungan air dan mengalami rusak parah. Dimensi atap yang jebol sekitar 9×9 meter. Untuk sementara, rumah tidak bisa dihuni.

Lebih lanjut, pihaknya sudah menyalurkan bantuan stimulan sembako, terpal, alat kebersihan, matras dan selimut. ”Kami sudah koordinasi dengan pihak kelurahan. Untuk penghuni dievakuasi dan untuk sementara tinggal di rumah saudaranya,” jelasnya.

  • Bagikan