HUT Ke-3, Tugu Media Group Bakal Hibur Lansia di Panti Jompo Kota Malang

HUT Ke-3, Tugu Media Group Bakal Hibur Lansia di Panti Jompo Kota Malang

  • Bagikan
Tim Tugu Media Group menemui satu lansia yang terkena stroke di Panti Al-Ishlah, Kota Malang, dengan didampingi kepala perawat Zakaria Yahya.(Foto: Irham Thoriq/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Ada yang istimewa tahun ini dalam perayaan HUT ke-3 Tugu Media Group. Sebab, media siber yang membawahi www.tugumalang.id dan www.tugujatim.id ini bakal merayakan anniversary-nya selama dua hari, yaitu pada 8-9 Februari 2022. Tema yang diangkat kali ini yaitu “M3dia for Humanity”.

Tentunya salah satu rangkaian acara HUT Tugu Media Group ini akan diwujudkan dengan melakukan bakti sosial “Berbagi Kasih Sayang kepada Lansia di Panti Jompo Kota Malang” pada Selasa (08/02/2022).

CEO Tugu Media Group Irham Thoriq mengatakan, pihaknya ingin menyasar para lansia yang ada di panti jompo sebagai bentuk berbagi cinta dan kasih sayang kepada mereka yang kini pastinya merindukan keluarganya.

“Mendengar banyak kisah yang mengharukan di sana, membuat Tugu Media Group juga ingin membuat para penghuni panti jompo di Kota Malang juga merasa bahagia dengan kehadiran kami di sana,” ujarnya pada Minggu (23/01/2022).

Dia melanjutkan, selain Tugu Media Group sebagai media yang diakui Dewan Pers untuk merawat Malang Raya serta merawat Jatim, tentunya juga ingin selalu melakukan aksi sosial agar bermanfaat untuk masyarakat.

Dari kiri, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, salah satu lansia, dan Editor Tugujatim.id ketika berkunjung ke Pondok Lansia Al-Ishlah, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen)

“Apalagi yang kami sasar kali ini adalah orang tua yang sudah merawat anak-anaknya dari kecil. Tapi ketika anak-anaknya sudah besar, dewasa, dan sukses, mereka menitipkan ibunya di panti jompo,” ujar alumnus UIN Maliki Malang ini.

Dia melanjutkan, ironisnya ada banyak orang tua, terutama seorang ibu yang harus rela berpisah dari anak dan keluarganya karena mereka tak mampu merawatnya lagi.

“Ada ungkapan yang mengatakan, seorang ibu bisa merawat 5 anaknya. Sedangkan kebalikannya, 5 anak ternyata tak mampu untuk merawat seorang ibu,” ujarnya tampak sedih saat mengunjungi Panti Lansia Al-Ishlah di Jalan LA Sucipto No 30, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, beberapa waktu lalu.

Saat itu tim Tugu Media Group juga sempat berbincang dengan para lansia di yayasan yang diketuai oleh H Machfudz. Salah satunya berinsial SH, 75, warga asal Kudus, Jawa Tengah.

Saat tim datang, dia tampak semringah dan bersemangat untuk ngobrol dan bercerita. Dia mengisahkan memiliki 8 anak yang semuanya terbilang sukses.

Tim Tugu Media Group melihat kondisi lansia yang dirawat di Pondok Lansia Al-Ishlah Kota Malang. (Foto: Dokumen)

“Anak saya ada 8 orang. Ada yang jadi kontraktor dan kerjanya enak. Karena semuanya sibuk bekerja, jadi saya dititipkan di sini,” ujarnya tampak berkaca-kaca.

Meski nenek SH tampak sedih, tapi semangatnya tetap membara. Tak sedikit pun dia mencela anak-anaknya yang menitipkan dia di panti jompo. Dia malah berharap selalu diberikan usia yang panjang dan selalu sehat.

“Nggak pengen apa-apa, pokoknya inginnya diberi umur panjang, hidup berkah, dan selalu sehat,” ujarnya saat tim Tugu Media Group bertanya soal keinginannya yang mau diwujudkan.

Sementara itu,, Kepala Perawat Pondok Lansia Al-Ishlah Zakaria Yahya lulusan ITSK dr Soepraoen mengatakan, ada puluan lansia yang dia rawat. Mulai dari lansia yang sudah tidak punya keluarga, tidak ada yang merawat, anaknya tidak mampu merawat lagi, hingga ada yang memang sengaja dititipkan di sini karena suami dari anaknya memberikan pilihan untuk memilih merawat ibunya atau bersama pasangannya.

“Ya, sampai ada anak yang menitipkan ibunya di sini karena diberikan pilihan antara memilih suami atau merawat ibunya. Akhirnya memilih suami dan ibunya dititipkan di sini,” ujar pria berusia 26 tahun tersebut.

Karena itu, Tugu Media Group ingin berbagi kasih sayang dan cinta untuk para lansia di Kota Malang. Meski apa yang akan Tugu Media Group lakukan ini belum seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan para lansia dalam membesarkan anak-anaknya, setidaknya media bisa merangkul, berbagi, dan membahagiakan seorang ibu yang notabene adalah wujud surga kita di dunia maupun di akhirat.

Untuk diketahui, Tugu Media Group akan merayakan HUT ke-3 selama 2 hari. Yaitu bakti sosial yang akan diselenggarakan di Panti Jompo Kota Malang pada Selasa (08/02/2022) dan Launching Buku serta Ramah Tamah pada Rabu (09/01/2022) di Kantor Tugu Media Group. Dalam perayaan HUT kali juga akan menghadirkan komika nasional Wawan Saktiawan dan juga Arbanat and Friends untuk memberikan hiburan yang segar bagi para tamu undangan.

  • Bagikan