IKA PMII Cabang Tuban Kecam Kekerasan dalam Musda KNPI di DKI Jakarta

  • Bagikan
Ilustrasi kekerasan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi kekerasan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Apa pun bentuk kekerasannya, itu merupakan pelangaran hukum yang harus ditindak tegas. Apalagi dilakukan pada forum resmi musyawarah sebuah organisasi yang selalu mengedepankan mufakat untuk kemaslahatan dan berjalannya sebuah organisasi. Nyatanya, hal itu terjadi dan dilakukan oleh oknum anggota Pemuda Pancasila (PP) di Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di DKI Jakarta, Minggu (28/03/2021).

Kekerasan itu dilakukan kepada Ketua Umum Pengurus Koordinator PMII DKI Jakarta Riski Abdurrahman Wahid yang sedang memimpin sidang. Itu adalah bentuk dan tindakan premanisme yang perlu ditindak secara hukum.

“Bentuk premanisme dalam sebuah organisasi ini semestinya tidak boleh terjadi, apalagi di forum resmi dan intelektual seperti Musda KNPI DKI,” ujar Ketua IKA PMII Cabang Tuban Khoirul Huda Senin (29/03/2021).

Ketua IKA PMII Cabang Tuban Khoirul Huda. (Foto:Rochim/Tugu Jatim)
Ketua IKA PMII Cabang Tuban Khoirul Huda. (Foto:Rochim/Tugu Jatim)

Pria yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini menyampaikan, perilaku seperti ini menunjukkan bahwa para pelakunya tidak memiliki etika berorganisasi, etika beraktivis, dan jauh dari moral kemanusiaan. Perilaku ini hanya muncul dari kader anggota yang tidak mendapatkan proses penggemblengan dari kaderisasi yang matang dan bermutu.

“Karena itu, kami dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tuban Jawa Timur mengecam keras perlakuan arogan dan tidak manusiawi sejumlah oknum anggota PP kepada Ketua PKC PMII DKI di Musda KNPI DKI,” ungkap Khoirul Huda.

Pengeroyokan ini selain merupakan bentuk amoral dan kriminal, juga suatu bentuk penghinaan dalam musda yang terhormat. Pihaknya juga mendesak, tindakan kekerasan ini harus diproses hukum di kepolisian setempat.

Untuk diketahui, kegiatan Musda XIV DPD KNPI DKI Jakarta yang digelar pada 26-28 Maret 2021 dihadiri 174 OKP yang telah resmi dan disepakati oleh Pemprov dan para tokoh KNPI DKI Jakarta.
Dalam musda tersebut, Ronny Bara Pratama terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) DKI Jakarta. (Mochamad Abdurrochim/ln)

  • Bagikan