Ingin Berat Badan Turun, Konsumsi Jambu Mete Saja…

  • Bagikan
Ilustrasi Jambu Mete/Pixabay
Ilustrasi Jambu Mete/Pixabay

Tugujatim.id – Kacang mete kaya akan nutrisi dan lebih populer ketimbang jambu mete. Namun tahukah Anda, jambu mete atau biasa disebut dengan jambu monyet juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein, vitamin, dan mineral.

Tugu Jatim pun akan membeberkan manfaat jambu mete untuk tubuh kita:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah jambu mete mengandung vitamin C yang berperan penting dalam pembentukan asam amino L-carnitine dan dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Daya Tanah Tubuh

Buah jambu mete tinggi vitamin C, fenol, asam amino, dan sejumlah mineral lainnya untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Otot dan Tulang

Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa buah jambu mete kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otot dan tulang.

4. Meningkatkan Energi

Kandungan tembaga yang cukup tinggi di dalam buah jambu mete bermanfaat untuk meningkatkan energi dan fleksibilitas pembuluh darah, sendi, serta tulang. Buah ini juga tinggi akan kalori.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan nutrisi di dalam buah jambu mete juga disebut bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

6. Mencegah Tumor

Sebagai buah dengan antioksidan, jambu mete juga memiliki kandungan alami yang dapat mencegah tumbuhnya sel jahat di dalam tubuh.

Kandungan senyawa-senyawa alami yang membentuk sifat antioksidan pada jambu mete dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi jambu mete dapat mencegah tumbuhnya sel tumor di dalam tubuh.

Itulah manfaat dari jambu mete yang Tugu Jatim sajikan untuk Anda. Nah, nggak lengkap jika hanya dipaparkan manfaatnya saja tanpa mengetahui bagaimana cara mengonsumsi jambu mete agar bermanfaat bagi tubuh kita. Simak ya caranya.

Tip Mengonsumsi Jambu Mete

1. Pilihlah jambu mete yang sudah matang, ciri-cirinya memiliki kulit buah berwarna merah.
2. Pilih buah jambu mete yang sudah terpisah dari bijinya dan pastikan sudah bersih dari getah yang beracun.
3. Jambu mete dapat dikonsumsi beserta kulitnya.

Rasa asam pada jambu mete adalah alasan banyak orang menjadikannya salah satu buah pelengkap untuk rujak. Di beberapa daerah di Indonesia, jambu mete juga telah banyak dijadikan produk olahan, di antaranya dijadikan sirup, abon, dan jenang. Karena cukup banyak dijual di pasar tradisional, daging jambu mete juga banyak dijadikan olahan kuliner rumah tangga. (Mila Arinda/ln)

 

  • Bagikan