Ikan Piranha, Karnivora yang Punya Reputasi Jelek!

  • Bagikan
Ilustrasi piranha/Pixabay
Ilustrasi piranha/Pixabay

Tugujatim.id – Ikan piranha merupakan salah satu jenis ikan yang masuk dalam kategori karnivora atau pemakan daging. Giginya tajam dan terlihat menakutkan, setiap potongan daging yang dilempar ke kolam piranha, tidak ada sekian detik, dagingnya langsung habis.

Untuk mengetahui soal ikan piranha, Tugu Jatim telah merangkum fakta-fakta menarik yang barangkali belum banyak Anda ketahui. Apa saja itu…?

1. Apakah Anda Tahu Arti Nama “Piranha” Sendiri?

Ternyata penyebutan “ikan piranha” mempunyai arti sendiri, gaes. Piranha merupakan kata yang diambil dari bahasa Brasil yang mempunyai arti ikan bergigi. Sebetulnya bukan murni bahasa Brasil, tapi bahasa Suku Tupi yang tinggal di kedalaman desa-desa Brasil. Pemakaian nama itu memang sesuai dengan anatomi ikan piranha yang mempunyai gigi tajam dan sebagai pemakan daging.

2. Mengapa Ikan Piranha Punya Reputasi Jelek? 

Dimulai dari sebuah buku berjudul “Through the Brazilian Wilderness” yang ditulis oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Theodore Roosevelt, membuat reputasi ikan piranha menjadi mengerikan. Buku itu menceritakan soal perjalanan mantan Presiden Amerika tersebut pada 1913 di sekitar bagian selatan negaranya. Dia bertemu dengan beberapa spesies piranha.

Roosevelt menyebutkan bahwa ikan piranha lebih mengerikan dari ikan hiu dan ikan barracuda. Sisi menyeramkan ikan piranha ialah bisa memutilasi orang yang sedang berenang di sungai serta kuat memangsa binatang besar seperti sapi. Apakah sudah terlihat menyeramkan dan mengerikan? Itulah mengapa buku itu membuat reputasi piranha menjadi ikan yang dikenal ganas.

3. Piranha Banyak Hidup di Wilayah Amerika Selatan

Ada habitat alami dari ikan piranha, yaitu terletak di wilayah sungai-sungai Amerika Selatan. Misalkan seperti Sungai Orinoco di Venezuela sampai Sungai Paranaj di Argentina. Bila diperkirakan ada sekitar 30 spesies ikan piranha berbeda yang hidup di danau dan sungai Amerika Selatan.

4. Menempati Sungai di Amerika Selatan sejak 25 Juta Tahun yang Lalu

Ikan piranha ternyata sudah amat tua sekali bisa dihitung dari permulaan hidup spesiesnya. Sudah jutaan tahun menguasai sungai-sungai di Amerika Selatan. Menurut fosil yang ditemukan peneliti, nenek moyang ikan piranha mulai menempati sungai di kawasan itu sejak 25 juta tahun yang lalu. Selain itu, ikan piranha modern lahir di kawasan itu pada 1,8 juta tahun yang lalu. Sudah sangat lama.

5. Ikan Piranha Mempunyai Gigitan yang Amat Kuat!

Tidak hanya mempunyai gigi tajam dan tampilan yang menyeramkan saja, tapi ikan piranha bisa menggigit dengan kekuatan yang mengejutkan. Studi dari “Scientific Reports” mengatakan bahwa ikan piranha hitam mampu menggigit dengan kekuatan sebesar 32 kilogram. Angka itu merupakan tiga kali lebih besar dari berat tubuh ikan piranha itu sendiri.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai ikan piranha yang barangkali belum banyak Anda. Apakah Anda sudah pernah melihat ikan piranha secara langsung? Jangan sekali-kali Anda main-main dengan ikan ini ya, karena sangat berbahaya. Semoga bermanfaat bagi pembaca… (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan