Inilah 4 Langkah Bikin Lilin Aromaterapi Sendiri di Rumah - Tugujatim.id

Inilah 4 Langkah Bikin Lilin Aromaterapi Sendiri di Rumah

  • Bagikan
Ilustrasi lilin aromaterapi bisa membuat ruangan harum dan memberi kesan nyaman. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi lilin aromaterapi bisa membuat ruangan harum dan memberi kesan nyaman. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Bagi Anda yang ingin punya ruangan harum dan memberi kesan menenangkan, coba nyalakan lilin aromaterapi. Sebab, lilin ini dapat memberikan bau yang harum dan juga memberikan kesan nyaman saat Anda berada di ruangan. Selain itu, dengan menyalakan lilin aromaterapi di kamar atau ruang keluarga, bisa jadi senjata ampuh untuk merilekskan diri. Nah, ternyata lilin aromaterapi bisa dibuat sendiri di rumah lho, mau tahu caranya bagaimana? Yuk simak tip membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah ala Tugu Jatim:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama, siapkan lilin. Anda bisa menggunakan lilin putih yang biasa digunakan saat mati lampu maupun bisa membeli di warung terdekat. Kedua, siapkan minyak esensial atau minyak aromaterapi, minyak ini memiliki fungsi membuat wewangian pada lilin.

Kemudian siapkan sumbu dan wadah yang digunakan untuk menuangkan lilin dan siapkan pewarna makanan jika Anda ingin membuat lilin berwarna.

2. Panaskan Panci dan Air untuk Melelehkan Lilin

Masukkan air ke panci, cukup isi seperempat panci. Kemudian letakkan mangkuk di atas panci tersebut. Langkah selanjutnya, Anda bisa panaskan menggunakan api yang sedang. Letakkan lilin di atas mangkuk supaya bisa meleleh. Jika Anda perhatikan, cara melelehkan lilin yang menjadi bahan dasar ini prinsipnya sama dengan cara melelehkan cokelat agar tidak menggumpal.

3. Racik Lilin Aromaterapi

Setelah lilin meleleh, kecilkan api sedikit, setelah itu tuanglah beberapa tetes minyak esensial yang harumnya sesuai selera, Anda bisa memilih banyak variasi, mulai dari green tea, cokelat, vanila, citrus, lavender, bahkan aroma kopi.

Selanjutnya, tuangkan 1 sendok makan minyak esensial. Jika ingin lebih berwarna, tambahkan pewarna makanan pada adonan cair tersebut. Jika semuanya sudah dimasukkan, aduk hingga merata dan matikan api.

4. Siapkan Wadah dan Sumbu yang Akan Digunakan

Anda bisa gunakan wadah apa saja ya, misalnya mangkuk, gelas, atau toples. Namun, Anda harus pastikan wadah tersebut tahan dari panas dan sudah dicuci bersih.

Selanjutnya letakkan sumbu pada wadah, Anda bisa menggunakan sumbu dari lilin katun yang banyak dijual di toko online. Setelah itu taruh sumpit secara melintang di bibir wadah dan tempelkan ujung sumbu lainnya agar sumbu tetap diam. Anda juga bisa memegang sumbu tersebut dan menjaga agar tetap diam.

Setelah persiapan wadah dan sumbu selesai, Anda tinggal menuang cairan lilin ke dalam wadah tersebut dan tunggu sampai mengeras. Taraa,,, lilin aromaterapi siap digunakan. Selamat mencoba!

  • Bagikan