Inspeksi Mendadak, Jajaran Polres Malang-Kodim 0818 Sasar Kantor Dukcapil dan Pabrik Rokok Gudang Baru

  • Bagikan
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar bersama Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra mengecek kondisi di dispendukcapil soal protokol kesehatan yang dilakukan pegawai dan masyarakat. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar bersama Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra mengecek kondisi di dispendukcapil soal protokol kesehatan yang dilakukan pegawai dan masyarakat. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Ada dua tempat yang menjadi sasaran jajaran Polres Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu dalam melaksanakan inspeksi mendadak penerapan protokol kesehatan. Yaitu, di dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) dan Pabrik Rokok Gudang Baru.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar bersama Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra mengecek satu per satu setiap fasilitas kesehatan yang sudah terpasang. Selain itu, soal protokol kesehatan (prokes) seperti physical distancing dan memakai masker yang diterapkan setiap pegawai dan masyarakat.

Kondisi protokol kesehatan yang sudah dijalankan Pabrik Rokok Gudang Baru. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Kondisi protokol kesehatan yang sudah dijalankan Pabrik Rokok Gudang Baru. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

Sementara itu, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra mengatakan jika kegiatan inspeksi ini sudah dilakukan secara rutin di fasilitas-fasilitas umum.

“Kami hari ini (04/02/2021) mengecek protokol kesehatan di tempat-tempat fasilitas umum. Sebelumnya kami melaksanakan di beberapa bank seperti BRI, BNI, hingga BCA. Kami juga mengecek tempat pelayanan umum di dispendukcapil tadi. Dan sekarang giliran di perusahaan rokok Gudang Baru,” tegasnya saat inspeksi operasi yustisi di Pabrik Rokok Gudang Baru,” sambungnya.

Yusub menilai jika dispendukcapil dan Pabrik Rokok Gudang Baru sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik selama pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hari ini.

“Semuanya sudah melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari penyemprotan sampai pengecekan suhu, kemudian penataan ruang juga. Penataan ruang yang mana sesuai ketentuan, ada jaraknya diatur sesuai PPKM,” tegasnya.

Dia berharap dengan pengecekan berkala maupun insidental hari ini, maka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sekarang ini sudah ada vaksin, jangan sampai dengan adanya vaksin ini orang-orang malah malas melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain melakukan inspeksi, kegiatan hari ini juga memberikan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19 dan pembagian masker.

“Kami juga melaksanakan program pemerintah berupa vaksinasi untuk semua orang yang berhak dan membutuhkan. Hari ini kami melakukan sosialisasi dan membagikan masker juga karena masih ada masyarakat yang tidak menggunakan masker,” ungkapnya.

Ada sekitar 10 ribu masker yang dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Malang.

“Kami memiliki masker sekitar 10 ribu dari TNI maupun Polri untuk masyarakat Kabupaten Malang dan Batu,” tuturnya.

Terakhir, dia menyampaikan jika inspeksi di Pabrik Rokok Gudang Baru ini juga bagian untuk memastikan kegiatan perekonomian tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan hari ini juga untuk memastikan perekonomian masyarakat tetap berlangsung dengan melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya. (rap/ln)

 

  • Bagikan