Jadi RS Rujukan Covid-19, RSA Bojonegoro Klaim Stok Oksigen Aman dan Stabil - Tugujatim.id

Jadi RS Rujukan Covid-19, RSA Bojonegoro Klaim Stok Oksigen Aman dan Stabil

  • Bagikan
Ilustrasi persediaan oksigen. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi persediaan oksigen. (Foto: Pexels)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Rumah Sakit Aisyiyah (RSA) Bojonegoro merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19. Tapi, pihak RSA mengklaim untuk kebutuhan oksigen hingga saat ini masih aman dan stabil.

“Alhamdulillah, kebutuhan oksigen aman dan masih stabil,” ujar Wakil Direktur Administrasi dan Keuangan RSA Bojonegoro Iin Rahayu Senin (26/07/2021).

Iin Rahayu menuturkan, RSA Bojonegoro menggunakan oksigen sentral untuk para pasien. Sementara itu, hal yang sama terjadi pada penjualan tabung oksigen di wilayah Bojonegoro yang juga tidak mengalami peningkatan.

“Masih normal, enggak ada peningkatan yang signifikan, termasuk soal harganya,” kata admin Oksigen Bojonegoro yang tak mau menyebutkan namanya itu saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp.

Oksigen Bojonegoro juga melayani penjualan dan sewa tabung oksigen medical atau industri untuk wilayah Bojonegoro, serta isi ulang tabung oksigen.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi Oksigen Bojonegoro, untuk harga tabung saja atau beserta isinya yaitu:

1. Tabung oksigen 2 Liter: Rp 1.200.000 (paket)

2. Tabung oksigen 1 m3: Rp 600.000

3. Tabung oksigen 1,5 m3: Rp 750.000

4. Tabung oksigen 2 m3: Rp 850.000

5. Tabung oksigen 6 m3: Rp 1.400.000 + isi

6. Tabung oksigen 7 m3: Rp 1.600.000 + isi

Diketahui tabung oksigen dibutuhkan oleh mereka yang memiliki kadar atau saturasi oksigen rendah dalam darah. Kadar oksigen dapat diketahui melalui tes darah atau menggunakan pulse oximeter. Saturasi oksigen normal pada orang dewasa berkisar antara 95-100%. Orang yang menerima terapi oksigen adalah mereka yang memiliki saturasi oksigen di bawah 95 persen.

Saat terinfeksi Covid-19, tubuh dapat mengalami pneumonia yang kemudian mengakibatkan hipoksemia atau kadar oksigen dalam darah di bawah normal. Jika dibiarkan, hipoksemia dapat berakibat kematian.

Pemberian oksigen dapat meredakan hipoksemia dan memberikan kesempatan bagi paru-paru untuk pulih. Dengan kata lain, tabung oksigen dapat menjadi penyelamat bagi penderita Covid-19.

  • Bagikan