Jelang Akhir Tahun, Harga Cabai di Tuban Semakin “Pedas”

  • Bagikan
Ilustrasi pedagang cabai. (Foto: Moch Abdurrcohim/Tugu Jatim)
Ilustrasi pedagang cabai. (Foto: Moch Abdurrcohim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Jelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 membuat harga cabai di sejumlah pasar tradisional Tuban semakin “pedas”. Terpantau sejak sepekan terakhir, harga cabai sudah mencapai Rp 50 ribu per kilogramnya.

Salah satu pedagang Pasar Baru Tuban, Rumiyatun saat dikonfirmasi mengatakan kenaikan harga cabai kisaran 30 hingga 50 persen. Seperti cabai kriting yang awalnya Rp35 ribu hingga Rp 40 ribu, kini menjadi Rp55 ribu/kg.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sedangkan rawit merah sebelumnya Rp30 ribu hingga Rp 35 ribu, kini capai Rp50 ribu/kg, kemudian rawit hijau sebelumnya hanya Rp30 ribu, saat ini menjadi Rp46 ribu perkilogramnya.

“Hampir seminggu ini harganya naik terus, mas,” katanya.

Baca Juga: Mau Belanja Aman di Online Shop? Tips-tips Ini Wajib Anda Ketahui!

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian, Agus Wijaya saat dikonfirmasi Tugu Jatim menuturkan, pasokan cabau mulai berkurang. Hal tersebut disebabkan belum masuk masa panen.

“Pasokan yang lokal dari Kecamatan Kerek dan sebagian dari kecamatan penghasil yang sudah bisa panen,” kata Agus Wijaya, Sabtu (19/12/2020).

Mantan Kabag Humas Pemkab Tuban ini menambahkan, selain dipasok dari petani lokal. Untuk memenuhi kebutuhan komoditas tanaman holtikultural di Bumi Wali, juga medatangkan dari Pare maupun Kediri.

“Selain lokal (cabai didatangkan, red) juga dari luar kota,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji belum membalas pesan singkat yang dikirim sejak pukul 11.07 WIB terkait permasalahan ini. (Moch Abdurrcohim/gg

  • Bagikan