Jurgen Klopp Pelatih Terbaik FIFA 2020

  • Bagikan
Jurgen Klopp, Pelatih Liverpool FC ketika memenangkan penghargaan Pelatih Pria Terbaik FIFA (Foto: Liverpool FC)

INGGRIS, Tugujatim.id – Jurgen Klopp kembali memenangkan penghargaan pelatih pria terbaik selama dua tahun berturut-turut dari Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Ajang tersebut bernama the Best FIFA Men’s Coach of the Year dalam acara FIFA Best Football Award, Kamis (17/12/2020). Klopp merasa terkejut sekaligus bangga dengan kerja kolektif Liverpool FC.

“Saya mengatakan beberapa kali bahwa saya bukan orang yang paling percaya pada penghargaan individu semacam ini untuk pelatih. Tanpa mereka saya tidak akan berada di sini dan lami tidak akan mencapai kesuksesan yang kami miliki. Satu wajah yang dapat penghargaan, tapi penghargaan itu untuk kita semua. Saya bangga akan hal itu,” tutur bos the Reds dalam sesi wawancara di LFCTV, Kamis (17/12/2020).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Sejarah Mengapa Terdapat Pohon Natal saat Perayaan Natal

Dalam ajang penghargaan itu, Jurgen Klopp berhasil menyisihkan Marcelo Bielsa (Leeds United) dan Hansi Flick (Bayern Munchen) untuk mempertahankan penghargaan tahunan tersebut. Hal itu sebagai pengakuan atas pencapaian Klopp bersama the Reds yang berhasil meraih 3 trofi, yaitu Piala Super UEFA, Piala Dunia Antar Klub FIFA dan Gelar Juara Liga Primer Inggris di musim panas tempo waktu.

“Ya, dengan Hansi saya memiliki hubungan yang sangat lama, kami saling kenal. Ketika saya menjadi manajer di Mainz, dia adalah manajer di Hoffenheim dan Hoffenheim tidak berada di Bundesliga. Jadi kami memiliki sejarah bersama. Saya pikir dia akan memenangkannya, jujur, dia melakukan pekerjaan luar biasa,” jelas Klopp tentang kedekatannya dengan Hansi.

Di sisi lain, tiga pemain Liverpool FC juga masuk dalam FIFA FIFPro Men’s World 11 pada Jumat (18/12/2020) di media sosial resmi FIFA.com. Nama pemain itu seperti Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold dan Thiago Alcantara.

Baca Juga: Penuh Humor dan Kebijaksanaan: Simak 25 Kata Bijak dari Gus Dur

“Saya pikir kami adalah pemain terbanyak dari satu klub, bukan? Oke, kami harus membeli Thiago untuk memenangkan persaingan itu. Tapi itulah yang saya sebut bisnis pintar! Itu hanya pertanda perkembangan kita dalam beberapa tahun terakhir, itu benar,” respon Klopp mengenai tiga pemain Liverpool FC tersebut.

Sebagai informasi, Jurgen Klopp sudah meraih banyak penghargaan individual seperti German Television Award (2006 & 2010), Pelatih Terbaik Jerman (2011, 2012 dan 2019), Penghargaan FIFA untuk Pelatih Terbaik (2019, 2020) dan LMA Manager of the Year (2020). (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan