Kabupaten Malang Dapat Jatah 10 Ribu Lebih Vaksin COVID-19

  • Bagikan
Ilustrasi vaksinasi. Penerima vaksin akan mendapatkan SMS secara serentak dari Kemenkes. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi vaksinasi. Penerima vaksin akan mendapatkan SMS secara serentak dari Kemenkes. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, memastikan jika Kabupaten Malang bakal menerima 10.556 vaksin pada pendistribusian awal. Namun, Arbani belum bisa memastikan kapan vaksin-vaksin tersebut akan sampai.

“Kita belum tahu kapan vaksin-vaksin tersebut didistribusikan, tapi yang pasti nanti setelah pelatihan (pemakaian vaksin). Pelatihannya sendiri untuk Kabupaten Malang pada 17-20 Januari 2021,” ungkapnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (09/01/2020).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Untuk penyaluran vaksin COVID-19, penerima pertama nantinya ada tenaga kesehatan di Kabupaten Malang.

“Nanti yang pertama akan diberikan kepada para nakes sebanyak 527 orang. Vaksinatornya di 52 fasilitas kesehatan meliputi 39 puskesmas, 12 rumah sakit dan 1 kantor kesehatan pelabuhan,” ungkapnya.

Sebelum memulai praktik vaksinasi, nantinya akan ada simulasi terlebih dahulu. Simulasi sendiri akan dibagi 4 sesi diantaranya registrasi, verifikasi data kesehatan, imunisasi dan observasi pasca imunisasi selama 30 menit.

Terakhir, saat dikonfirmasi jenis, mek dan dari perusahaan mana vaksin-vaksin tersebut didistribusikan. Pria yang memulai karir sebagai dokter gigi ini belum bisa memastikan.

“Karena keenam jenis vaksin masih diuji klinia di Universitas Padjadjaran, sementara Kabupaten Malang kebagian yang mana kita masih belum tahu,” pungkasnya. (rap/gg)

  • Bagikan