Kantor Bupati Pasuruan Segera Dipindah ke Perkantoran Raci, Pemkab Siapkan Dana Rp 150 Miliar

Kantor Bupati Pasuruan Segera Dipindah ke Perkantoran Raci, Pemkab Siapkan Dana Rp 150 Miliar

  • Bagikan
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (tiga dari kanan) bersama Forkopimda saat melihat rancangan pembangunan kantor Bupati baru di kompleks perkantoran Raci, Kecamatan Bangil.
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (tiga dari kanan) bersama Forkopimda saat melihat rancangan pembangunan kantor Bupati baru di kompleks perkantoran Raci, Kecamatan Bangil. (Foto: Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.idKantor Bupati Kabupaten Pasuruan yang berada di wilayah Kota Pasuruan akan segera dipindah ke kompleks perkantoran di Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Pemindahan kantor Bupati Pasuruan ini diawali dengan peletakan batu pertama dan pembunyian sirine tanda dimulainya pembangunan pada Rabu (29/06/2022) pagi.

Peletakan batu pertama dan pembunyian sirine ini dilakukan langsung oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, didampingi Wabub Pasuruan, Mujib Imron, Kepala Dinas PU SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto, serta Kejari Kabupaten Pasuruan, Ramdanu.

Gus Irsyad menyatakan bahwa sesuai aturan, ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Pasuruan memang seharusnya berada di wilayah Kecamatan Bangil.

“Mengacu peraturan pemerintah di tahun 2016, ibu kota Kabupaten Pasuruan dipindah dan ditetapkan di wilayah Bangil. Kedepannya semua layanan secara bertahap pindah ke Bangil,” ujarnya.

Gus Irsyad menjelaskan kantor baru Bupati Pasuruan ini akan dibangun dengan konstruksi 4 lantai. Di mana empat lantai itu akan dibagi menjadi kantor bupati, kantor wakil bupati, kantor sekretaris daerah, dan sejumlah ruang lain.

“Selain itu, di lahan 7 hektar ini nanti kami bangun juga kantor OPD. Dengan tiga lantai dan ditopang lebih dari 150 tiang pancang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU SDA Ciptakarya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto, mengatakan bahwa dana pembangunan kantor Bupati dan kantor OPD di kompleks perkantoran Raci ini telah dianggarkan sekitar Rp 150 miliar

“Total anggarannya 150 miliar. Untuk pembangunan kantor sekretariat bupatinya Rp 50 miliar, gedung OPD sekitar Rp 21 miliar, lalu sisanya untuk pembangunan perkantoran lain,” ungkapnya.

Berdasarkan rencana, pembangunan kantor bupati dan kantor OPD tersebut ditarget akan selesai pada akhir tahun di Bulan Desember 2022.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan