Kasus Covid-19 Meningkat, Pondok Inspirasi Support Gerakan Vaksinasi - Tugujatim.id

Kasus Covid-19 Meningkat, Pondok Inspirasi Support Gerakan Vaksinasi

  • Bagikan
Member Pondok Inspirasi yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Member Pondok Inspirasi yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Sejak munculnya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 hingga saat ini, tercatat ada 2.832.755 orang terkonfirmasi positif di Indonesia. Data ini sebagaimana dirilis www.covid.go.i.d.

Ahli epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, berdasarkan indikator epidemiologi, kasus Covid-19 di Indonesia sedang tinggi. Hal itu ditandai dengan banyaknya penemuan kasus dan pertumbuhan kasus dari semua provinsi yang meningkat 50 persen.

PPKM yang ditetapkan pada 3 Juli 2021 ternyata masih belum bisa menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia. Sebab, Pemerintah Indonesia masih belum maksimal melakukan aspek fundamental saat menerapkan kebijakan PPKM. Misalnya, testing dan tracing untuk menemukan kasus infeksi yang masih lemah sehingga berbuntut pada karantina yang akhirnya tidak maksimal dan tidak efektif.

Selain itu, masih lemahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan mengikuti vaksinasi juga menjadikan infeksi kian meningkat. Satgas Covid merilis data total per 22 Juli 2021, sudah ada 42.868.023 orang atau 20,58% dari target vaksinasi yang sudah mendapatkan dosis pertamanya. Sedangkan yang sudah lengkap mendapatkan dosis keduanya sebanyak 16.713.406 orang atau baru 8,03%.

Vaksinasi Jadi Cara Memutus Penyebaran Covid-19

Untuk mendukung program vaksinasi di Indonesia, Pondok Inspirasi sebagai Lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan kepemudaan melakukan berbagai gerakan. Di antaranya, mengedukasi masyarakat melalui program Insight of The Day (IOTD), Microblog, menyebar poster melalui Instagram, serta mengedukasi melalui WhatsApp Group.

Selain itu, Pondok Inspirasi mendorong seluruh member untuk melakukan vaksinasi dengan mengoptimalkan program yang ada di kampus dan pemda masing-masing.

“Awal tahun ini kami memulai untuk lebih giat melakukan edukasi kepada member dan masyarakat umum perihal pentingnya vaksinasi,” ujar Ketua Pondok Inspirasi Agus Harianto.

Dia juga mengatakan, pihaknya mendorong seluruh member Pondok Inspirasi untuk aktif mencari informasi sekaligus mengikuti program vaksinasi yang dilakukan kampus atau pemda setempat.

“Saat ini baru 60 persen dari 239 member Pondok Inspirasi telah mendapatkan vaksinasi,” ujar Agus Harianto.

Aktivitas lain dalam upaya mengurangi dampak Covid-19, Pondok Inspirasi aktif bersama komunitas lainnya membuat gerakan. Salah satunya membuka akses orang baik untuk tergabung dalam Relawan Cepat Tanggap Covid-19 bersama indorelawan, pemimpin.id, Rumah Amal Salman, Everidea, Kultur Lokal, Kitabisa, Warga Bantu Warga, Semua Murid Semua Guru, dan PT Paragon Technology and Innovation.

Penulis adalah member dari Pondok Inspirasi.

  • Bagikan