Tips  

Kenali 5 Jenis Parfum Ini Sebelum Salah Membeli

parfum tugu jatim
Ilustrasi wanita menyemprotkan parfum. Foto: pixabay

Tugujatim.id – Secara tak sadar parfum telah masuk ke dalam kebutuhan sekunder manusia masa kini. Selain memberikan aroma yang menyenangkan, parfum juga bisa menjadi identitas diri dengan berbagai varian yang mereka miliki.

Parfum faktanya juga memiliki ketahanan yang berbeda karena konsentrasi minyak wangi yang mereka miliki. Berikut lima jenis parfum berdasarkan komposisinya.

1. Eau Fraiche

Jenis parfum ini mengandung konsentrasi minyak wangi sebesar satu sampai tiga persen dengan komposisi yang sebagian besar ditempati oleh air ditambah dengan sedikit atau bahkan tanpa kandungan alkohol. Dengan ini, Eau Fraiche tidak dapat bertahan lama, hanya sekitar dua jam.

Namun, mereka cocok untuk Anda yang suka wewangian lembut dan tidak terlalu mencolok di hidung. Tak hanya itu, selain harganya yang murah, mereka juga cocok untuk Anda yang memiliki karakteristik kulit sensitif.

2.  Eau de Cologne (EDC)

Melasir dari Beautymone, EDC awalnya dibuat untuk pria oleh seorang tukang cukur Italia di Köln, Jerman, yang menjelaskan istilah “cologne” nama Prancis untuk kota tersebut. Mereka memiliki komposisi wewangian sebesar dua hingga lima persen.

Dengan konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dibanding sebelumnya, parfum ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Umumnya wangi mereka tidak akan bertahan lebih dari dua jam.

3. Eau de Toilette

Melansir dari The Scent, penamaan parfum ini terbentuk dari istilah Prancis “faire sa toilette” yang berarti bersiap-siap. Aroma dari Eau de Toilette umumnya dapat bertahan hingga empat sampai enam jam di kulit, lebih lama dari dua varian sebelumnya.

Terdapat lima sampai 15 persen konsentrasi minyak esensial, dengan sisa bahannya terdiri dari alkohol dan bahan kimia lainnya. Parfum ini diklaim sangat cocok untuk digunakan di musim panas dengan aromanya yang tidak terlalu menyengat.

4. Eau de Parfum

Memiliki konsentrasi wewangian yang lebih tinggi yakni sekitar 15 sampai 20 persen. Mereka memiliki konsentrasi minyak yang lebih ringan juga kadar alkohol dan air yang lebih banyak dibandingkan dengan parfum. Aroma parfum ini dapat bertahan hingga delapan jam.

Mereka memiliki karakter aroma yang cukup kuat. Anda dapat menyemprotkan parfum ini pada rambut dan pakaian, tetapi Anda harus berhati-hati dengan kain halus seperti sutra untuk menghindari noda membekas.

5. Parfum

Dikenal dengan Extrait de Parfum atau parfum murni. Mereka menduduki ketahanan aroma yang lebih lama dari jenis lain. Hal tersebut karena konsentrasi esensial mereka yang paling tinggi berkisar antara 20 hingga 30 persen yang membuatnya lebih pekat, lebih kuat, dan berminyak.

Parfum juga sangat disarankan bagi mereka yang memiliki kondisi kulit yang sensitif karena komposisi alkohol mereka yang paling sedikit dari jenis lainnya. Cukup dioleskan secukupnya pada area pergelangan tangan, Anda akan wangi hingga lebih dari 12 jam.