Khofifah Launching Layanan Samsat Kampus, Satu-satunya Inovasi di Indonesia Bayar Pajak Motor Cepat dan Mudah - Tugujatim.id

Khofifah Launching Layanan Samsat Kampus, Satu-satunya Inovasi di Indonesia Bayar Pajak Motor Cepat dan Mudah

  • Bagikan
Samsat Kampus. (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Peresmian Layanan Samsat Kampus yang dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan beberapa perwakilan kampus dan Pemerintah Jatim. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, Tugujatim.id – Sebagai bentuk dukungan dalam memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa me-launching Layanan Samsat Kampus di Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada Senin sore (04/04/2022). Peluncuran inovasi tersebut ditandai dengan penekanan layar virtual yang dilakukan Khofifah didampingi PJ Sekdaprov Jatim Wahid Wahyudi, Rektor Unair Surabaya Mohammad Nasih, rektor Unesa, Kepala Bapenda Provinsi Jatim Abimanyu Poncoatmojo, dan perwakilan dari Jasa Raharja serta Dirlantas Polda Jatim.

Untuk diketahui, Samsat Kampus merupakan inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di lingkungan perguruan tinggi (PT) yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Inovasi ini merupakan insiasi dan bentuk perhatian Khofifah untuk mendukung pengembangan usaha-usaha koperasi perguruan tinggi sekaligus memberikan kemudahan dengan menyediakan tempat layanan pembayaran PKB yang cepat, mudah, dan dekat dengan lingkungan kampus perguruan tinggi.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Mohammad Ali Kuncoro mengatakan, tahap awal baru beberapa kampus di Jatim yang menerapkan layanan Samsat Kampus.

“Ya benar, ada pertemuan di Kampus Unair C, ini tahap awalnya baru 75 kampus se-Jatim, Mas. Selanjutnya Ibu (Khofifah, red) akan terus gencarkan kampus-kampus lainnya agar mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk masyarakat Jatim,” ungkapnya kepada Tugu Jatim pada Rabu (06/04/2022).

Samsat Kampus. (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Para undangan yang hadir foto bersama usai peresmian Layanan Samsat Kampus. (Foto: Istimewa)

Gubernur Khofifah secara khusus memberikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan oleh seluruh kampus negeri maupun swasta atas kerja samanya dengan Bapenda Jatim. Tak hanya itu, Khofifah juga mengapresiasi sinergitas yang dilakukan perbankan, UPT di lingkup Pemprov Jatim, termasuk pula Dirlantas Polda Jatim untuk menyukseskan adanya Samsat Kampus ini.

“Pembukaan ini pada dasarnya adalah perluasan dari PPOB (Payment Point Online Banking). Terima kasih sambutan dari perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, ini luar biasa. Tentu kami berharap bahwa secara khusus bisa bersinergi dengan seluruh koperasi yang ada di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Jatim,” kata Khofifah.

“Perluasan ini menjadi bagian penting bagi kami untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur makin mudah, makin murah, dan makin dapat dijangkau di berbagai lini,” imbuhnya.

Khofifah juga berharap, dengan adanya layanan ini dapat memberikan penguatan bagi support public service bagi seluruh masyarakat Jatim. Dia juga menyampaikan, E-Samsat Bapenda Jatim memiliki indeks kepuasan masyarakat yang cukup tinggi, yaitu sebesar 96,64 persen puas, di mana sisanya yakni 3,33 persen biasa dan sebesar 0,03 persen tidak puas.

“Terima kasih atas seluruh kerja keras dari seluruh jajaran Bapenda Jatim, ini luar biasa. Hal ini harus dijaga dan dipertahankan. Bentuk layanan kepada masyarakat harus terus didorong untuk memberikan kepuasan pada seluruh proses pelayanan KB Samsat,” tutup Khofifah.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan