Khofifah Resmikan Depo Isi Ulang Oksigen Gratis di Malang - Tugujatim.id

Khofifah Resmikan Depo Isi Ulang Oksigen Gratis di Malang

  • Bagikan
Gubernur Jatim Khofifah secara simbolis memberikan tabung saat peresmian depo isi ulang oksigen gratis kepada warga Malang, Senin (26/07/2021). (Foto:Istimewa/Tugu Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah secara simbolis memberikan tabung saat peresmian depo isi ulang oksigen gratis kepada warga Malang, Senin (26/07/2021). (Foto:Istimewa)

MALANG, Tugujatim.id – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan depo pengisian tabung gas oksigen gratis bagi warga Malang Raya di Kantor Bakorwil III, Jalan Simpang Ijen, Kota Malang, Senin (26/07/2021). Nantinya, depo ini diklaim dapat menampung hingga 20 ton oksigen.

“Jadi, kalau iso tank itu bisa sampai 20 ton, bukan hanya satu meter kubik, tapi yang enam meter kubik nanti juga bisa,” terang Khofifah.

Tak hanya diperuntukkan masyarakat, depo isi ulang oksigen ini juga akan melayani kebutuhan sejumlah RS rujukan Covid-19 di Malang Raya. Ada 3 iso tank yang didatangkan hari ini. Diharapkan bisa memenuhi kebutuhan penanganan Covid-19 di Malang Raya.

Jika habis, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bakorwil III Jatim untuk menyuplai pengisian dari produsen gas oksigen.

“Pada dasarnya, kami punya stok, insyaa Allah cukup,” jaminnya.

Gubernur Jatim Khofifah saat peresmian depo isi ulang oksigen gratis bersama 3 pimpinan daerah di Malang Raya, Senin (26/07/2021). (Foto:Istimewa/Tugu Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah saat peresmian depo isi ulang oksigen gratis bersama 3 pimpinan daerah di Malang Raya, Senin (26/07/2021). (Foto:Istimewa)

Di sisi lain, Khofifah meminta agar forkopimda di Malang Raya turut proaktif memantau ketersediaan oksigen di rumah sakit. Sebab, dengan armada di rumah sakit yang terbatas, terkadang proses pengiriman dan penjemputan tabung gas oksigen bisa saja sedikit terhambat.

“Saya minta wali kota dan bupati ikut berkoordinasi dengan rumah sakit karena biasanya armada di rumah sakit agak terbatas. Jadi, jangan sampai menunggu oksigen habis baru bilang, hari ini kita harus sama-sama proaktif,” imbaunya.

Sebagai informasi, depo pengisian ulang oksigen ini akan beroperasi 24 jam untuk masyarakat yang melakukan isoman maupun isoter. Tak hanya itu, ambulans yang sedang membutuhkan isi ulang oksigen juga dapat memperolehnya secara gratis.

Persyaratannya juga cukup mudah, tinggal mengisi formulir secara online, melalui website infocovid19.jatimprov.go.id. Di website tersebut diharapkan bisa mencantumkan hasil PCR test atau swab antigen bagi yang belum sempat menjalani PCR namun sudah membutuhkan supply oksigen.

Setelah mengisi secara online, masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, bisa datang ke stasiun pengisian di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Termasuk membawa bukti PCR test atau swab antigen serta tabung berukuran 1 m³.

Selain itu, Pemprov Jatim juga telah menyediakan Call Center di Nomor 1500117 atau menghubungi narahubung untuk wilayah Malang Raya dengan Melyana Dwi di nomor 0852 0485 8072, Rizka Hayuna di nomor 0813 3026 1333, dan Iradian di nomor 0856 5655 5155.

  • Bagikan