Kiat Mahasiswa Atlet Peraih Emas PON Papua Bagi Waktu Kuliah dan Latihan - Tugujatim.id

Kiat Mahasiswa Atlet Peraih Emas PON Papua Bagi Waktu Kuliah dan Latihan

  • Bagikan
Teuku Tegar Abadi, atlet asal Kabupaten Tuban memperlihatkan medali emas yang diperolehnya di ajang PON XX Papua tahun 2021. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim) mahasiswa atlet
Teuku Tegar Abadi, atlet asal Kabupaten Tuban memperlihatkan medali emas yang diperolehnya di ajang PON XX Papua tahun 2021. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id –  Bagi sebagian orang, menjalani dua hal yang dipadukan menjadi satu sangatlah sulit. Sebab, manusia biasanya hanya bisa fokus pada satu hal hingga hal lain perlu dikorbankan. Contohnya saja seorang mahasiswa yang juga merangkap sebagai atlet. Ia harus pandai-pandai membagi waktu antara menjaga kebugaran fisik dengan latihan dan juga menopang bidang akademisnya.

Namun hal itu berbeda bagi sosok bernama Teuku Tegar Abadi, atlet asal Tuban peraih medali emas di cabang olahraga atletik lompat galah PON XX Papua 2021 untuk Kontingen Jawa Timur. Bagi atlet yang lahir di Tuban 13 Desember 1998 silam, keduanya bisa berjalan dengan baik di mana saat ini ia menempuh pendididikan di Universitas Nusantara Kediri (UNP). Lalu, bagaimana kiat-kiat dari sosok atlet asal Kabupaten Tuban ini?

Untuk diketahui, Teuku Tegar Abadi, selain meraih medali emas di PON XX Papua, ia juga sekaligus memecahkan rekor PON dengan lompatan setinggi 5,15 meter di cabang olahraga (cabor) atletik nomor lompat galah putra pada 11 Oktober 2021 lalu. Meski dirinya juga menjadi mahasiwa, namun keduanya tetap bisa berjalan beriringan.

Agar bisa menjalani kehidupan sebagai atlet dan mahasiswa, menurutnya, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah meminta doa restu dan dukungan kepada orang tua. Baginya, hal ini adalah yang paling utama untuk bisa meraih sukses. Sebab ia percaya bila orang tua telah meridai, apa yang akan dilakukan pasti Tuhan memberikan jalan terbaiknya.

“Alhamdulillah orang tua saya sangat mendukung. Apa yang saya lakukan pasti beliau (bapak dan ibu, red) dukung dengan baik,” ucap putra kedua pasangan Mohamad Mohtar dan Nyak Daeng saat ditemui Tugujatim beberapa waktu lalu.

Sedangkan kiat yang kedua yakni kepercayaan penuh yang telah diberikan kepadanya. Hal ini menurutnya bisa menjadi modal besar dalam dirinya untuk mengembangkan kemampuan agar bisa mandiri.

“Mereka percaya kepada saya. Lah kepercayaan itu yang saya pegang,” terang alumni SMA negeri Olahraga Jawa Timur.

Tentunya, hal terakhir untuk mengimbangi itu yakni tak lupa belajar. Meskipun di tengah beratnya latihan pagi dan sore hari. ia tetap menyempatkan diri untuk membaca buku dan mengerjakan tugas perkuliahan agar tidak ketinggalan dengan mahasiwa lain.

Teuku Tegar memiliki cita-cita sangat sederhana di dalam hidupnya. Dia ingin menjadi guru olahraga dan melatih olahraga atletik sambil bercocok tanam. Itulah alasan dirinya mengambil kuliah jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) saat ini.

“Saya tidak begitu tertarik mas, masuk ke TNI atau Polri. Keinginan saya kalau sudah gantung sepatu, ya ikut melatih. Cari bibit atlet di desa-desa,” Kata pemuda yang juga meraih medali perak di PON XIX Jabar 2016 ini.

Setelah event olaraga terbesar di Indonesia ini, kini Tegar harus kembali ke kampung halaman, membantu orang tuanya di ladang untuk bercocok tanam.

 

Torehan Prestasi Teuku Tegar Abadi, Mahasiswa Sekaligus Atlet Lompat Galah Asal Tuban

Beragam prestasi telah disabet oleh Teuku Tegar Abadi. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim) atlet asal tuban
Beragam prestasi telah disabet oleh Teuku Tegar Abadi. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

1. PON Remaja pada 2014 di Jatim Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
2. PON Remaja pada 2014 di Jatim Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor Lompat jangkit (Emas)
3. Pekan Olahraga Mahasiswa nasional (Pomnas) 2015 XIV Aceh Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
4. Pekan Olahraga Mahasiswa nasional (Pomnas) 2015 XIV Aceh Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
5. Pekan Olahraga Mahasiswa nasional (Pomnas) 2015 XIV Aceh Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor Lompat jangkit putra (Emas)
6. Pekan Olahraga Mahasiswa nasional (Pomnas) 2015 XIV Aceh Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lari etafet 4x 400 meter (Emas)
7. Asia Yunior 2015 di Qatar Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Perunggu)
8. Asia School 2015 di China Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
9. PON XIX 2016 Jawa Barat Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
10. Asen School 2016 di Tahialnd CabanOlahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
11. Singapura Open di tahun 2017 Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
12. Kejurnas Senior Jakarta 2018 Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
13. Pekan Olahraga Mahasiswa nasional (Pomnas) XVI DKI Jakarta 2019 Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
14. Pekan Olahraga Mahasiswa nasional (Pomnas) XVI DKI Jakarta 2019 Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lari etafet 4x 400 meter putra (Perak)
15. Kejurnas Atletik Cibinong 2019 Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (perak)
16. PON XX Papua 2021 Cabang Olahraga (Cabor) atletik nomor lompat galah putra (Emas)
17. Pencetak rekor nasional lompatan tertinggi 5,10 meter PON XX Papua 2021 Cabor atletik nomor lompat galah putra

  • Bagikan