Kim Garam Eks Member “LE SSERAFIM” Klarifikasi Kasus Bullying: Saya Tak Pernah Mem-Bully Siapa pun!

Kim Garam. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Eks-member LE SSERAFIM, Kim Garam. (Foto: Pinterest)

KOREA, Tugujatim.id – Kim Garam akhirnya muncul ke publik pasca dikeluarkan dari girl group asal Korea Selatan “LE SSERAFIM” Rabu (10/08/2022). Munculnya Kim Garam ini bukan tanpa sebab. Dia ingin meluruskan isu kasus bullying yang berimbas pada berakhirnya kontrak eksklusifnya dengan HYBE Entertainment. Lewat akun Instagram temannya @y__urm, gadis berusia 16 tahun ini menuliskan surat panjang berisi klarifikasi dari sudut pandangnya.

Sebelum menjelaskan, Kim Garam menyempatkan meminta maaf pada semua yang terkena imbas masalah ini. Gadis kelahiran Sangju, Korea Selatan, ini berujar meski sudah terlambat, dia tetap ingin menggunakan kesempatan ini untuk meluruskan semuanya.

“Saya bekerja sangat keras untuk mimpiku, jadi memang benar saya takut perbuatanku di masa lalu dapat menghancurkan mimpiku. Tetapi semakin hari berlalu, banyak tuduhan yang dilimpahkan ke arahku menjadi semakin mengerikan dan saya ingin menjelaskan posisiku dengan jujur di kesempatan kali ini,” tulis caption yang telah diterjemahkan dari akun Instagram @y__urm.

Dalam surat tersebut juga, Kim Garam menekankan beberapa poin yang ingin dia klarifikasi mengenai masalahnya dengan Yoo Eunseo, salah satu teman SMP yang mengklaim sebagai korban, serta beberapa isu miring lainnya.

“1. Saya tidak pernah sama sekali memukul atau melakukan kekerasan pada siapa pun, 2. Saya tidak pernah dipaksa untuk pindah, 3. Saya tidak pernah mabuk atau merokok, 4. Saya tidak pernah mem-bully atau mengucilkan siapa pun, dan 5. Say hanya seorang siswa biasa,” ujar Kim Garam.

Kim Garam. (Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @y__urm/Tugu Jatim)
Isi surat klarifikasi dari Kim Garam mengenai isu bullying yang menimpanya selama ini. (Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @y__urm)

Kemudian, Kim Garam juga turut menjelaskan kronologi insiden masalahnya dengan Yoo Eunseo. Dia mengatakan, masalah yang mengakibatkan mereka berurusan dengan Komite Otonom Penanggulangan Kekerasan di Sekolah ini bermula sekitar Maret dan Mei 2018 saat mereka masih SMP. Yoo Eunseo kala itu membagikan foto teman Kim Garam yang hanya menggunakan pakaian dalam dan bicara di belakangnya. Berniat membela teman malah sebaliknya, Kim Garam akhirnya mulai berargumen dengan Yoo Eunseo.

“Saya mulai berargumen dengan Yoo Eunseo karena berpikir saya sedang membantu temanku yang menjadi korban. Pada saat itu, saya mulai berbicara kasar. Saat itu, saya tidak sadar perbedaan dari mayoritas dan minoritas. Jadi, saya tidak benar-benar berpikir bahwa berargumen dengan Yoo Eunseo itu benar-benar salah,” kata Kim Garam.

Menurut dia, pada saat itu dirinya melakukan itu karena merasa membantu teman, itu hal yang benar. Tidak mengabaikan teman saat ada masalah juga diajarkan orang tuanya dan telah menjadi prinsip hidupnya.

Gadis berambut panjang ini tidak sadar bahwa masalah itu akan jadi serius karena dia merasa bangga telah membantu temannya. Dia pun mengaku tindakannya di masa lalu tidak dewasa dan kekanak-kanakan.

“Saat itu pertemanan adalah yang terpenting bagiku, dan saat-saat bersama teman-teman adalah yang paling menyenangkan. Cara yang kulakukan di masa lalu memang salah. Ada masa di mana ada banyak kesalahan yang saya lakukan dan ceroboh, tapi saya tidak mau membenci diri sendiri karena itu,” ungkapnya.

Di akhir suratnya, Kim Garam berkata dia akan berusaha menjadi orang yang lebih baik dan bekerja lebih keras agar masa depannya lebih bersinar. Dia juga merasa bahagia berkesempatan mengecap bagaimana rasanya debut. Meski hanya beberapa minggu, dia akan terus mengingat dan tidak akan melupakannya. Tidak lupa dia berterima kasih pada penggemar yang terus mendukung dan mencintainya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim