Kim Jong-un Dilaporkan Koma, Adiknya Bakal Ambil Alih Kekuasaan - Tugujatim.id

Kim Jong-un Dilaporkan Koma, Adiknya Bakal Ambil Alih Kekuasaan

  • Bagikan
King Jong-un
Pimpinan tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: Wikipedia)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un dilaporkan sedang dalam kondisi koma. Sedang adiknya, Kim Yo-jong dikabarkan bakal menggantikannya. Hal itu diungkapkan oleh diplomat asal Korea Selatan, Chang Song-min.

Song-min yang merupakan mantan ajudan presiden Korea Selatan Kim Dae-jung menyatakan bahwa pimpinan tertinggi Korea Utara itu tengah sakit serius yang menyebabkan sedikitnya ia muncul di depan publik.

“Saya menaksir dia sedang dalam keadaan koma, namun hidupnya belum berakhir,” terangnya seperti dilansir New York Post.

Baca Juga: Lagi, Dokter di Malang Meninggal karena Positif COVID-19

Ia juga menyatakan adanya kemungkinan jika adik Kim Jong-un bakal membawa tongkat kepemimpinan tertinggi.

“Struktur penyerahan kekuasaan memang belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan untuk mengisinya karena kekosongan kekuasaan tidak bisa dibiarkan terlalu lama,” imbuhnya.

Agen mata-mata dari badan intelijen Korea Selatan, National Intelligence Service (NIS) menyatakan bahwa Kim secara bertahap telah menyerahkan atau melakukan pengalihan kekuasaan. Upaya itu dikatakan dilakukan untuk meredakan stres.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Kim Jong-un juga telah dilaporkan sedikit keluar dari publik. Bahkan pimpinan berusia 36 tahun tersebut juga dikabarkan menjalani operasi jantung pada April lalu.

 

Penulis: Gigih Mazda

 

  • Bagikan