KKN Sinambung UM 2021 di Desa Selorejo Malang Kupas Cara Pembuatan Mesin Roasting Kopi dari Kaleng Bekas

  • Bagikan
Alat roasting kopi dari kaleng susu bubuk bekas yang ditunjukkan oleh para mahasiswa KKN Sinambung UM 2021 di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)
Alat roasting kopi dari kaleng susu bubuk bekas yang ditunjukkan oleh para mahasiswa KKN Sinambung UM 2021 di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Mesin roasting kopi saat ini kerap diperlukan di berbagai tempat yang ingin menjual kopi dengan aroma khas dari penjualnya. Alat ini merupakan hal penting dalam proses pengolahan kopi. Nikmat tidaknya kopi tersebut akan sangat tergantung bagaimana cara coffe roaster meramu biji kopi tersebut.

Namun, meski banyak tempat nongkrong atau warung kopi yang memiliki alat tersebut, namun masih banyak daerah perkebunan kopi belum bisa memanfaatkan potensi ini. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Sinambung UM 2021 dari Universitas Negeri Malang kali ini ingin mengangkat potensi-potensi daerah tersebut. Bukan dengan alat roasting kopi yang mahal, tapi cukup dengan memanfaatkan barang bekas, yakni kaleng bekas dari susu bubuk. Kegiatan itu pun dilakukan di perkebunan kopi Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sosialiasi pembuatan dan manfaat roasting kopi di Desa Selorejo, Dau, Malang oleh para mahasiswa KKN Sinambung UM 2021. (Foto: Dokumen)
Sosialiasi pembuatan dan manfaat roasting kopi di Desa Selorejo, Dau, Malang oleh para mahasiswa KKN Sinambung UM 2021. (Foto: Dokumen)

Para mahasiswa KKN Sinambung UM memberikan sosialisai pembuatan mesin roasting kopi sederhana dengan menggunakan kaleng susu bubuk pada Kamis (27/5/2021) lalu. Program kerja bertajuk Pembuatan Mesin Roasting Kopi Sederhana dari Kaleng Susu Bubuk ini dibimbing oleh Bapak Andika Bagus Nur Rahma Putra selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mereka.

Dalam proses pembuatan mesin rosting kopi ini membutuhkan waktu 4 minggu. Pada minggu pertama tahapan yang di lakukan oleh mahasiswa KKN Sinambung UM 2021 adalah mencari bahan-bahan yang mudah dicari dan banyak tersedia di sekeliling. Pada minggu kedua tahapan yang dilakukan adalah mendesain alat yang akan di gunakan sesuai dengan bahan-bahan yang telah di petakan.

Setelah melalui proses desain yang cukup maka pada minggu ketiga dan keempat adalah proses perakitan barang sekaligus uji coba keayakan alat yang akan digunakan. Dengan Menggunakan Mesin Roasting Kopi ini waktu yang di butuhkan dalam proses penggorengan kopi menjadi lebih singkat dan kopi matang dengan merata bisa dilihat dari gambar di bawah dari tingkatan Light, Medium, dan Dark Roast tidak sampai 20 menit untuk menghasikan kopi dengan kematanagn Dark Roast.

Pada saat melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa Universitas Negeri Malang ini melaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19, sehingga pada saat melakukan sosialisasi ini para mahasiswa harus mematui protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah, pesertanya pun juga dibatasi.

Dalam proses penyampaian sosialisai kali ini tetap dilaksanakan dengan pantauan dari pihan Desa Selorejo itu sendiri. Pada saat melaksanakan sosialisasi mesin roasting kopi ini dipandu oleh Risky Martha Ardiyan Kurniawan selaku ketua pelaksana dari pembuatan mesin roasting kopi ini.

Diharapkan, warga yang telah mendapat sosialisai mengenai pembuatan dan penggunaan mesin roasting kopi ini dapat memberikan informasi yang kompleks ke warga yang lainya sehingga dalam pengolahan kopi di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang ini dapat dapat sampai tahap produksi kopi siap gilinng yang menjadikan nilai jual dari kopi dari Desa Delorejo ini menjadi meningkat.

  • Bagikan