Kota Malang Capai 92 Persen untuk Vaksinasi Dosis Pertama - Tugujatim.id

Kota Malang Capai 92 Persen untuk Vaksinasi Dosis Pertama

  • Bagikan
Petugas vaksinasi menunjukkan vaksin Covid-19 di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Petugas vaksinasi menunjukkan vaksin Covid-19 di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Percepatan vaksinasi Covid-19 terus dilakukan Pemkot Malang. Hingga kini capaian untuk vaksinasi dosis pertama bagi masyarakat umum di Kota Malang telah mencapai 92 persen.

“Vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 92 persen, sedangkan dosis kedua hampir 60 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif pada Senin (18/10/2021).

Sementara untuk vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia)-nya hingga saat ini sudah mencapai sekitar 50 persen. Menurut dia, vaksinasi lansia masih terkendala hasil screening. Dia menyebutkan, sejumlah lansia harus ditunda menerima vaksin karena tak lolos screening vaksinasi.

“Lansianya datang, tapi di-screening tidak memenuhi syarat. Ada yang tensinya tinggi atau ada beberapa keluhan lain yang membuat tertunda. Kalau tertunda, oleh puskesmas dikasih obat. Kemudian seminggu dicek lagi,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, vaksinasi masyarakat umum dan lansia menjadi salah satu indikator asesmen untuk menentukan level PPKM di Kota Malang.

Namun, kini kebijakan aglomerasi juga menjadi tantangan bagi Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Pasuruan untuk bisa bersama-sama mencapai target indikator asesmen Kemenkes dan Kemendagri.

“Jadi, kami lihat aglomerasinya, tergantung dari lima kabupaten/kota. Kalau semua vaksinasi lansia bisa 60 persen, maka status di PPKM Level 1. Kami harus memenuhi capaian target vaksinasi umum dan lansia. Kalau salah satu tidak mencapai, ya lainnya ikut tidak tercapai,” tutupnya.

 

  • Bagikan