Mengenal Fitur Fleet yang Hadir untuk Warga Twitter - Tugujatim.id

Mengenal Fitur Fleet yang Hadir untuk Warga Twitter

  • Bagikan
Fleet, fitur terbaru Twitter
Fleet, fitur terbaru Twitter. (Foto: via The Verge)

Fitur terbaru Twitter yang disebut Fleet ini masih menjadi topik perbincangan hangat bagi warga Twitter. Tagar #Fleet pun masih setia duduk di deretan topik Trending. Sejumlah pro dan kontra pun hadir dari pengguna yang lebih mengharapkan adanya fitur lain daripada Fleet yang serupa dengan fitur Story di Instagram. Lantas apa itu Fleet dan apa saja fungsinya? Simak ulasannya di sini:

1. Apa itu fitur Fleet?

apa itu fitur fleet di twitter
Fitur terbaru bagi para pengguna Twitter yang sedang ramai dibahas oleh pengguna dunia maya. (Sumber: NBC News)

Fleet adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk saling berbagi momen dengan pengguna lainnya. Momen yang dibagikan melalui Fleet hanya akan tersedia selama 24 jam. Hal ini lah yang menjadi poin utama pengembangan Fleet dimana pengguna bisa membagikan sesuatu secara tidak permanen. Seperti namanya, fitur Fleet merupakan media bagi pengguna untuk membagikan momen sekilas (a fleeting thought).

Baca Juga: Pemanasan Global Lebih Berbahaya daripada Virus Corona

2. Apa saja yang bisa dilakukan Fleet?

Kamu bisa saling berinteraksi dan melihat momen pengguna lainnya melalui fitur ini. Kita bisa membagikan teks, foto, video, memberikan reaksi pada postingan Fleet orang lain, dan memilih beragam latar menarik untuk postingan Fleet kita. Twitter juga menghadirkan fitur berbagi Fleet antar pengguna dan dikabarkan fitur ini juga akan hadir dengan tambahan fungsi lainnya seperti stickers dan siaran langsung.

Kamu bisa melihat unggahan Fleet pengguna lain di bagian atas halaman beranda. Jika seseorang mengunjungi laman profilmu mereka juga bisa melihat Fleet yang kamu unggah. Selain itu kamu juga bisa mengetahui siapa saja yang melihat Fleet yang kamu unggah termasuk pengguna yang mengatur akunnya dalam kondisi terkunci.

3. Mengapa Twitter menghadirkan fitur Fleet?

Fitur Fleet ini telah melalui serangkaian uji coba yang dilaksanakan di Brazil, Italia, India, dan Korea Selatan dimana pihak Twitter menemukan bahwa pengguna menjadi lebih aktif memulai percakapan dengan fitur ini. Konsepnya yang praktis memungkinkan pengguna untuk sekedar memberi reaksi pada Fleet orang lain dan terjadilah interaksi ringan diantaranya.

Ditambah lagi, Twitter menemukan bahwa pengguna seringkali menyimpan tweet mereka ke dalam draft karena merasa bahwa tweet terlalu bersifat permanen. Oleh karena itu hadirnya fitur ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusinya.

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

4. Bagaimana tanggapan warga Twitter?

Beberapa pengguna mengapresiasi hadirnya fitur baru ini namun tidak sedikit juga yang menolak fitur Fleet yang terlalu mirip dengan fitur sosial media lainnya, seperti di Instagram, Facebook, Snapchat, dan LinkedIn. Sejumlah pengguna juga mengungkapkan bahwa pengguna Twitter lebih membutuhkan fitur lain seperti mengedit Tweet daripada sekedar membagikan momen melalui fitur baru ini.

https://twitter.com/wssmghts/status/1329781598104018944?s=20

 

Menanggapi hal ini, sejumlah ahli menjelaskan bahwa adanya penolakan dari pengguna terhadap fitur baru adalah hal yang wajar. Reaksi pertama pengguna pada umumnya akan menolak hadirnya fitur baru atau perubahan di aplikasi yang mereka sudah merasa nyaman dengan kondisi yang sudah ada. Namun pada umumnya mereka juga akan membiasakan diri dengan kehadiran fitur baru itu seiring berjalannya waktu.

 

Lantas bagaimana menurutmu? Seberapa penting fitur Fleet ini untuk semakin menikmati menggunakan Twitter? (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: blog.twitter.com & nbcnews.com

  • Bagikan