Tips  

Kurangi Tingkat Stres Lewat Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis tugu jatim
Ilustrasi minimalist living. Foto: pexels

Tugujatim.idGaya hidup minimalis mengajarkan untuk melepaskan hal yang tidak dibutuhkan dengan mudah dan mencoba untuk tidak pernah membeli lebih dari yang sebenarnya dibutuhkan. Hal ini akan membantu Anda dalam memprioritaskan hal yang paling penting dan mengajarkan Anda lebih bijak dalam memanajemen pengeluaran uang.

Menurut banyak penelitian, hidup minimalis juga membawa kebahagiaan tersendiri di mana Anda dapat lebih menghargai apa yang sudah dimiliki di samping untuk mengurangi tingkat stres. Berikut lima gaya hidup minimalis yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi stres.

Bijak Dalam Memilih

Kerap kali manusia jika dihadapkan dengan banyak pilihan mereka akan bingung untuk memilih dan berakhir tidak teguh pada pendirian awal. Hal inilah yang secara tidak sadar mengakibatkan kita akan membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Penting untuk diketahui hal inilah yang menyebabkan pengeluaran budget tak terduga karena impulse buying hingga Anda lupa akan kebutuhan primer yang perlu dipenuhi. Maka dari itu, penting untuk membuat list barang yang ingin kalian beli dan biasakan untuk mendahulukan kebutuhan yang lebih penting.

Kualitas Di Atas Kuantitas

Ada harga ada rupa, begitu kata peribahasa. Barang yang berkualitas memang biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena produk mereka menawarkan keawetan dalam pemakaian jangka panjang. Namun kembali lagi, ini lebih kepada bagaimana Anda merawat barang.

Lebih baik menabung terlebih dahulu untuk barang yang lebih mahal dengan kualitas yang jelas dibandingkan membeli barang murah terus menerus karena cepat rusak. Hal ini juga membantu menyelamatkan finansial serta memudahkan merawat barang Anda.

Tidak Mengikuti Tren

Tren seakan tidak pernah ada matinya. Hal ini turut dipercepat dengan konsumsi sosial media. Hampir setiap bulan dapat ditemui tren yang berbeda. Daripada membelanjakan uang untuk mengikuti hal yang tidak ada ujungnya, lebih baik Anda buat tren Anda sendiri.

Kenyamanan juga salah satu poin utama dalam berpakaian. Memakai pakaian berwarna basic tidak akan termakan zaman. Anda juga tidak perlu pusing jika ingin melakukan mix and match. Dengan begitu, Anda punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain.

Singkirkan yang Tidak Perlu

Melansir dari Clutter, penelitian dari University of California mengungkapkan bahwa kekacauan menghasilkan tingkat tinggi hormon stres kortisol, dan pada gilirannya menyebabkan kecemasan dan depresi. Ini dapat dikaitkan dengan kebiasaan menimbun barang.

Maka untuk mencegah stres berlebih, Anda dapat memilah barang yang mungkin sudah tidak terpakai untuk menggantikan barang yang baru dapat masuk. Metode menyisihkan barang tidak terpakai ini biasa disebut dengan declutter yang nantinya akan memberikan kesan agar ruangan Anda tampak lebih lega.

Repurpose Atau Menggunakan Kembali

Biasanya beberapa item kebutuhan dikemas dalam wadah yang bermacam-macam, salah satu yang sering ditemui adalah botol kaca. Anda bisa memanfaatkan barang tersebut untuk digunakan sebagai vas bunga. Selain untuk mengurangi limbah, ini juga efektif untuk meminimalisir pengeluaran. Dengan begini, Anda juga turut berkontribusi pada pengurangan limbah.