Lalat Itu Sangat Bermanfaat Lho…

  • Bagikan
Ilustrasi Foto: Pixabay/Tugu Jatim
Ilustrasi Foto: Pixabay/Tugu Jatim

Tugujatim.id – Suka terganggu nggak sih kalau tiba-tiba ada lalat di sekitar kita. Apalagi kalau serangga ini mulai hinggap di makanan yang kita makan. Biasanya lalat tuh hinggap di makanan yang terbuka. Dan salah satu cara untuk mengusirnya dengan memukul atau memakai cara tradisional yaitu menggantung plastik berisi air.

Tapi, tahukah Anda jika ternyata serangga yang dianggap sebagai hewan pengganggu dan membawa banyak kuman ini ternyata bermanfaat juga lho bagi kehidupan kita. Tugu Jatim pun merangkum beberapa manfaat dengan adanya hewan serangga ini.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Pertama, manusia menghasilkan berbagai limbah, seperti sampah rumah tangga hingga limbah biologis seperti kotoran atau feses, yang perlu diuraikan agar tidak menumpuk.

Nah, di sini manfaat lalat adalah menguraikan limbah tersebut dengan cara lalat akan bertelur dan mengurangi komponen organiknya. Kemudian hasilnya akan diserap oleh tanah. Sama halnya yang terjadi pada bangkai hewan.

Selain itu, lalat ternyata dapat membantu penyerbukan tumbuhan. Lalat akan hinggap di tanaman yang tidak dihinggapi kupu-kupu maupun lebah, seperti tanaman yang tidak memiliki nektar dan tidak berbau harum. Dan lalat sangat membantu tumbuhan agar tetap berkembang.

Nah, meski lalat merupakan hewan yang berukuran kecil, tapi ternyata dia bisa menjadi predator juga lho! Ya, lalat dan larvanya akan memakan hewan lain, seperti ulat daun yang merusak tanaman. Tuh, lalat nggak selalu menyebarkan kuman atau penyakit. Tapi, mereka juga sangat bermanfaat untuk kehidupan kita gaes…  (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan