Lanal Malang Gelar Vaksinasi Gratis, Masyarakat Sambut Antusias - Tugujatim.id

Lanal Malang Gelar Vaksinasi Gratis, Masyarakat Sambut Antusias

  • Bagikan
Proses suntikan vaksinasi di Lanal Malang, Rabu (14/7/2021). (Foto: Ben)
Proses suntikan vaksinasi di Lanal Malang, Rabu (14/7/2021). (Foto: Ben)

MALANG, Tugujatim.id – Pemerintah terus memberikan vaksinasi kepada masyarakat secara gratis guna mempercepat herd immunity masyarakat agar kebal dari virus Covid-19. Menanggapi hal tersebut, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang menggelar vaksinasi secara gratis untuk masyarakat yang dilaksanakan di TK Hang Tuah Jalan Menari Kota Malang, Rabu (14/7/2021).

Rupanya, pemberian vaksinasi secara gratis disambut antusias oleh masyarakat. Meski vaksinasi disambut antusias oleh masyarakat, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan.

Warga Malang dan Luar Malang Berbondong-bondong Ikuti Vaksinasi

Vaksinasi gratis di Lanal Malang, Rabu (14/7/2021) yang disambut masyarakat dengan begitu antusias. (Foto: Ben)
Vaksinasi gratis di Lanal Malang, Rabu (14/7/2021) yang disambut masyarakat dengan begitu antusias. (Foto: Ben)

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Balai Kesehatan Lanal Malang, Lettu Laut (K) Weko Prastowo mengatakan jika antusias masyarakat sangat tinggi dengan kuota 100 persen. Bahkan, antusiasme warga yang mengikuti vaksin tidak hanya berdatangan dari lokal Malang tetapi warga ber-KTP luar Malang yang ingin vaksin.

“Tidak cuma yang KTP Malang saja, yang KTP non Malang juga datang,” terangnya.

Sementara itu, meski antusias warga sangat tinggi Lanal Malang hanya menyediakan jumlah vial vaksinnya terbatas. Sehingga, Lanal Malang tidak hanya melayani semua warga yang datang.

“Kami berupaya sesuai dengan kekuatan kita. Tetapi, karena jumlah vaksinnya juga terbatas, kami tidak bisa full cover untuk semua warga yang datang,”terangnya.

Dalam sehari, Lanal Malang maksimal hanya bisa melayani rata-rata 200-300 calon peserta vaksin di lokasi. “Jangan sampai overload. Maksimal kami kalau bisa maghrib sudah selesai semua,”bebernya.

Dia menambahkan tim vaksinator yang melayani warga di TK Hang Tuah hanya 1 tim saja. “1 tim isinya 10 orang, mulai dari pendaftaran, screening peserta vaksin, cek tensi, penyuntik, cetak kartu sampai observator KIPI,” tandasnya.

Lanal Malang telah berupaya melayani masyarakat pemberian vaksinasi secara gratis. Dia berharap dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang.

“Ke depan berharap bisa jalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan. Kami upayakan bisa bantu cover untuk vaksinasi dan membantu masyarakat,”pungkasnya.

Nantinya, setelah mendapatkan vaksinasi dosis pertama peserta vaksinasi harus datang untuk melakukan vaksinasi kedua setelah 28 hari.

  • Bagikan