Lantik 17 Kepala Daerah, Khofifah: Harus Kerja Cepat dan Detail - Tugujatim.id

Lantik 17 Kepala Daerah, Khofifah: Harus Kerja Cepat dan Detail

  • Bagikan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, Ponorogo, Situbondo, Sumenep, Ngawi, dan Banyuwangi di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada sesi pertama, Jumat (26/2/2021). (Foto: Kominfo Jatim)
 Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, Ponorogo, Situbondo, Sumenep, Ngawi, dan Banyuwangi di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada sesi pertama, Jumat (26/2/2021). (Foto: Kominfo Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa resmi melantik sebanyak 17 kepala daerah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2/2021). Pelantikan para pemenang Pilkada Serentak 2020 lalu tersebut itupun dilakukan sebanyak 3 sesi.

Dalam sesi pertama, enam pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik oleh Khofifah, yakni Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin dan Syah M. Natanegara; Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko dan Hj. Lisdyarita; serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi dan Hj. Khoirani.

Sedangkan untuk tiga pasangan lainnya, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dan Hj. Dewi Khalifah; Bupati dan Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono dan Dwi Rianto Jatmiko; serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dan H. Sugiri juga ikut dilantik oleh Gubernur Jawa Timur.

Khofifah memberi pesan bahwa dalam menjalankan amanah tersebut perlu bekerja lebih cepat dan detail.

“Hari ini masih pada posisi PPKM Mikro, artinya bahwa, para Bupati, Wakil Bupati, yang diharapkan kecepatan kerjanya, bisa dilakukan dengan baik, tetapi masih ada hal yang harus dihadapi, bahwa Covid-19 di Jawa Timur sudah melandai, tapi belum berhenti penyebarannya,” terang Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, Jumat (25/02/2021).

Di sisi lain, kepada enam kepala daerah itu, ia juga menyampaikan pesan dari Presiden RI Jokowi. Khofifah mengatakan bahwa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan esensi dalam meningkatkan persaingan.

“Lakukan reformasi sistem kesehatan nasional, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu yang menjadi ujung tombak dari peningkatan daya saing Indonesia adalah kualitas SDM,” ucapnya.

Dalam momen tersebut, Khofifah juga berharap pada enam kabupaten yang merupakan wilayah Lumbung Pangan di Jatim agar mempertahankan nilai tukar petani. Salah satu wilayah tersebut ialah Ngawi, Khofifah menjelaskan, bahwa nilai tukar petani di Jawa Timur mengalami tren positif.

“Artinya, ini harus dijaga oleh para Bupati dan Wakil Bupati, tolong yang memang menjadi lumbung pangan seperti Ngawi, tolong tetap dijaga. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, nilai tukar petani di Jawa Timur menunjukkan tren positif, di mana provinsi lain mengalami kontraksi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, agenda pelantikan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Bupati dan Wakil Bupati dimulai pukul 09.00 WIB dan selesai pada 18.00 WIB dan terbagi menjadi 3 sesi.

Dalam sesi 2 yang dilakukan pukul 13.00 WIB, ada enam kepala daerah yang turut dilantik. Meliputi Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo; Bupati Blitar, Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso; serta Wali Kota Blitar, Santoso dan Wakil Wali Kota Blitar, Tjutjuk Sunario.

Ada tiga pasangan lagi dalam agenda pelantikan sesi 2, di antaranya Bupati Mojokerto, Ikfina Rahmawati dan Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Albarra; Bupati Malang, Sanusi dan Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto; serta Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Balmaran.

Dan pada sesi 3, pelantikan dilakukan pukul 16.00 WIB meliputi Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo, Wali Kota Surabaya, Bupati Lamongan, dan Bupati Kediri. Untuk lebih detail, berikut adalah 17 kepala daerah yang dilantik oleh Gubernur Khofifah.

Daftar 17 Kepala Daerah di Jatim yang Dilantik oleh Khofifah

1. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Jember: Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman

2. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Gresik: Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah

3. Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya: Eri Cahyadi-Armudji

4. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo: Sugiri Sancoko-Lisdyarita

5. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Malang: Sanusi-Didik Gatot Subroto

6. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo: Ahmad Muhdlor Ali-Subandi

7. Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan: Saifullah Yusuf-Adi Wibowo

8 Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar: Santoso-Tjutjuk Sunario

9. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek: Moch Nur Arifin-Syah M Natanegara

10. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi: Ony Anwar-Dwi Riyanto Jatmiko

11. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep: Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah

12. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blitar: Rini Syarifah-Rahmad Santoso

13. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo: Karna Suswandi-Khoirani

14. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kediri: Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa

15. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto: Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa

16. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan: Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf

17. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah

(Rangga Aji/gg)

  • Bagikan