Libur Panjang, Tito Minta Warga di Zona Merah untuk Beres-Beres Rumah Saja - Tugujatim.id

Libur Panjang, Tito Minta Warga di Zona Merah untuk Beres-Beres Rumah Saja

  • Bagikan
zona merah beres-beres rumah libur panjang akhir oktober
Mendagri Tito berharap masyarakat yang berada di zona merah corona tidak pergi ke luar kota dan cukup mengisi liburan dengan cara beres-beres rumah. (Foto: Pixabay)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta warganya yang berada di zona merah untuk membatasi pergi keluar rumah jelang libur panjang akhir Oktober mendatang. Sebab, ia tidak ingin adanya libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad nanti memicu lonjakan penyebaran wabah virus corona.

Tito menyampaikan, bahwa warga yang khususnya berada di Zona Merah Corona sebaiknya tidak perlu pergi ke luar rumah, apalagi ke luar kota. Ia merekomendasikan agar mereka tetap tinggal di rumah untuk membersihkan rumah.

Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian memberi keterangan pers di Istana Negara, Senin (19/10/2020). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Jokowi Tak Ingin Libur Panjang Akhir Oktober Jadi Pemicu Lonjakan Virus Corona

“Bagi rekan-rekan, bapak-bapak, ibu-ibu yang di daerahnya masuk zona merah atau rawan penularan. Kalau memang bisa, tidak berlibur dan lebih baik mengisi waktu di tempat masing-masing. Beres-beres rumah atau tempat tinggal,” terang Tito dalam jumpa pers secara virtual di Istana Negara, Senin (19/10/2020).

Ia berharap bahwa warganya cukup mengisi liburan dengan menikmati liburan bersama keluarga di kediaman masing-masing.

Hal tersebut cukup beralasan. Sebab, libur panjang pada pertengahan Agustus lalu menjadi pemicu tingginya kasus COVID-19 di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berupaya agar libur panjang akhir Oktober ini tidak berdampak serupa seperti sebelumnya.

Untuk diketahui, terhitung mulai 28-30 Oktober ini, pemerintah menetapkan sebagai hari libur dan cuti bersama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Artinya, jika menghitung hari Sabtu dan Minggu, masyarakat akan mendapat libur selama sedikitnya 5 hari.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

“Pengalaman kita sebelumnya, libur-libur ini terjadi mobilitas yang tinggi. Masyarakat bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. Dan pergerakan ini menimbulkan penularan. Oleh karena itu, ini harus kita waspadai bersama agar liburan ini tidak menjadi media penularan,” pinta mantan Kapolri tersebut. (gg)

  • Bagikan