Liburan Tahun Baru, Pasuruan Macet Dipadati Kendaraan Wisatawan Luar Kota - Tugujatim.id

Liburan Tahun Baru, Pasuruan Macet Dipadati Kendaraan Wisatawan Luar Kota

  • Bagikan
Liburan tahun baru. (Foto: Polsek Pandaan/Tugu Jatim)
Kemacetan akibat tahun baru terjadi di jalur lintas provinsi di Pandaan, Kabupaten Pasuruan. (Foto: Polsek Pandaan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Tetap dibukanya tempat-tempat wisata selama liburan tahun baru, membuat mobilitas masyarakat meningkat. Akibatnya, arus kendaraan wisatawan sempat menyebabkan kemacetan di sepanjang jalan raya lintas provinsi di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (01/01/2022).

Berdasarkan pantauan Tugu Jatim, puluhan mobil berpelat nomor Surabaya dan Sidoarjo itu terlihat memadati jalan raya. Kemacetan terjadi di lajur jalan dari arah Kota Malang serta kawasan puncak Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan. Diduga para wisatawan berbondong-bondong pulang setelah puas menghabiskan liburan malam tahun baru.

Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Gatot Subroto mengungkapkan, berdasarkan pantauan kemacetan itu terjadi akibat naiknya volume kendaraan pada saat liburan tahun baru.

“Kemungkinan karena kendaraan warga yang ingin berwisata ke Tretes dan Malang,” ujarnya.

Gatot menambahkan, peningkatan volume kendaraan terjadi menjelang sore hari. Mulai pukul 13.00-14.00 WIB.

“Peningkatan kendaraan ini sudah mulai terjadi siang, mulai sekitar pukul 13.00-14.00,” imbuhnya.

Untuk mengurai kemacetan di jalan lintas provinsi ini, petugas Satlantas Polsek Pandaan diturunkan untuk melakukan rekayasa lalu lintas demi memecah arus kendaraan. Menjelang petang, kemacetan berhasil terurai dan jalan lintas provinsi di Pandaan kembali lancar.

“Arus lalu lintas berhasil diurai setelah petugas menerapkan rekayasa lalu lintas. Sore ini arus lalu lintas sudah berangsur membaik dan kendaraan bisa melaju dengan cepat,” ujarnya.

  • Bagikan