Lisensi Kakao M Berakhir, Ratusan Lagu Kpop di Spotify Menghilang

  • Bagikan
Spotify hapus ratusan lagu Kpop yang didistribusi oleh Kakao M. (Foto: Spotify) tugu jatim
Spotify hapus ratusan lagu Kpop yang didistribusi oleh Kakao M. (Foto: Spotify)

KOREA SELATAN, Tugujatim.id – Pengguna Spotify di berbagai belahan dunia menyadari bahwa banyak lagu Kpop tidak ada lagi di platform Spotify. Beberapa diskografi artis Korea hilang.

Pagi ini (1/3/2021) Spotify secara resmi mengumumkan bahwa perjanjian lisensinya dengan distributor musik Korea Kakao M telah berakhir, yang berarti bahwa semua musik yang didistribusikan tidak lagi tersedia pada platform Spotify.

BANNER DONASI

Melansir dari soompi.com, seorang juru bicara Spotify menjelaskan bahwa perjanjian yang dilakukan dengan Kakao M berakhir pada 1 Maret 2021 sehingga tidak dapat lagi memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia.

“Kami telah melakukan upaya ke segala arah selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga kami dapat terus membuat musik artis Kakao M tersedia di seluruh dunia, serta 345 juta pengguna kami di 170 daerah yang berbeda,” ungkap juru bicara Spotify seperti dilansir Soompi, Senin (1/3/2021).

“Namun, terlepas dari ini, kami tidak dapat mencapai kesepakatan tentang memperbarui lisensi,” tambahnya.

Pihak Spotify juga sangat menyayangkan situasi ini dan akan terus berusaha melakukan yang terbaik sehingga deapat melakukan kerja sama dengan pihak Korea termasuk Kakao M dan membantu pasar musik Korea.

Beberapa artis Korea yang diskografinya terdampak adalah IU, SEVENTEEN, NU’EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, Sunmi, (G) I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, 4Minute, VIXX, INFINITE, Dreamcatcher, MOMOLAND, ASTRO, Zico, Block B, Jessi, WJSN, AOA, BTOB, dan masih banyak lainnya. (Wangsit Galuh Candra Kirana/gg)

  • Bagikan