Lukman Hakim, Cosplayer asal Bojonegoro yang Bikin Kostum Sendiri hingga Raih Prestasi di Tingkat Nasional - Tugujatim.id

Lukman Hakim, Cosplayer asal Bojonegoro yang Bikin Kostum Sendiri hingga Raih Prestasi di Tingkat Nasional

  • Bagikan
Salah satu koleksi costume and player (cosplay) milik warga Bojonegoro bernama Lukman Hakim. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Salah satu koleksi costume and player (cosplay) milik warga Bojonegoro bernama Lukman Hakim. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Cosplay atau costume and play merupakan istilah seseorang yang memakai riasan serta pakaian seperti tokoh kartun, komik, dongeng, artis, game, dan masih banyak lagi. Di Bojonegoro, Jawa Timur, juga ada salah satu pencinta cosplay, namanya Lukman Hakim. Cosplayer asal Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro ini telah menggeluti hobinya sejak 2015 lalu hingga mampu membuat kostum sendiri.

“Dulu karena awalnya saya hobi, terus sering mengikuti acara-acara cosplay, akhirnya saya berinisiatif membuat kostum untuk saya pakai sendiri, seperti tokoh Kamen Rider, Power Rangers, Iron Man, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Untuk menambah pengalaman dan pengetahuannya, dia juga tergabung dalam komunitas cosplay. Akhirnya, pada 2017 lalu, dia mulai membuka usaha pembuatan cosplay dan mendapat respons baik dari teman-temannya.

Kostum yang dia sewakan mulai dari harga Rp 50.000-Rp 200.000 dalam sekali sewa. Untuk yang mau membeli, Lukman menjualkan kostum buatannya dengan harga Rp 300.000-Rp 3.000.000.

“Sewa maupun beli, saya kasih harga sesuai pesanan pelanggan karena beberapa kostum banyak yang bervariasi. Karena itu, saya juga mematok harga yang bervariasi juga,” tuturnya.

Hingga saat ini, Lukman juga telah mengikuti beberapa pertunjukan dan perlombaan dengan kostum yang dia buat, bahkan hingga ke luar kota.

“Saya juga sudah berhasil memenangkan lomba di tingkat nasional. Ini yang membuat saya lebih bersemangat membikin usaha dan mengembangkan bakat,” ujarnya.

  • Bagikan