Mahasiswa Profesi Guru Dalam Jabatan Harus Berkomitmen Kuat Sebagai Tenaga Pendidik

mahasiswa
Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr Pieter Sahertian Msi. Foto: dok Unikama

MALANG, Tugujatim.id – Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr Pieter Sahertian Msi menekankan bahwa mahasiswa Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) harus berkomitmen kuat sebagai tenaga pendidik.

Hal itu dia sampaikan saat memberikan sambutan selamat datang dalam orientasi mahasiswa PPG Daljab Kategori 2, di Hotel Savana Malang, pada Rabu (24/8/2022).

Kegiatan itu dikemas dalam kuliah tamu sebagai salah satu rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa yang bertema “Tantangan Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0”.

mahasiswa
Wakil Rektor I Unikama, Drs Choirul Hudha Msi. Foto: dok Unikama

Tak hanya komitmen, menurut Pieter, mahasiswa PPG Daljab Unikama juga harus mengenal nilai-nilai profesi. “Mahasiswa PPG harus memiliki komitmen yang kuat sebagai seorang pendidik atau guru yang diguguh dan ditiru,” pesannya.

Di samping itu, Wakil Rektor I Unikama, Drs Choirul Hudha Msi turut hadir menjadi pembicara pada kuliah tamu tersebut. Dia memaparkan tentang Guru Profesional. “Guru yang baik menyadari kesenjangan antara apa yang diinginkan dengan apa yang ada pada dirinya, kemudian menyadari kesalahannya ketika memang bersalah,” terangnya.

Koordinator PPG Unikama, Dr Nurul Ain MSi menjelaskan bahwa orientasi mahasiswa PPG Daljab Kategori 2 diikuti sebanyak 208 peserta. Jumlah tersebut terbagi dalam empat bidang yakni 105 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 35 mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), 34 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, dan 34 mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia.

mahasiswa
Orientasi mahasiswa PPG Daljab Kategori 2 Tahun 2022. Foto: dok Unikama

Tujuannya, untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang kampus Unikama, terutama proses pembelajaran serta kurikulum PPG. Mahasiswa juga mendapat materi Learning Management System (LMS) yang akan digunakan dalam pembelajaran.

“Dengan diselenggarakannya orientasi ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan PPG yang akan diselenggarakan,” harapnya.(ads)

Writer: Nurukhfi Mega HapsariEditor: Dwi Lindawati