Mahasiswa UM Sukses Bikin Qurraci, Media Belajar Alquran yang Efektif Berbasis AR - Tugujatim.id

Mahasiswa UM Sukses Bikin Qurraci, Media Belajar Alquran yang Efektif Berbasis AR

  • Bagikan
Salah satu tim mahasiswa UM memperlihatkan Qurraci, media pembelajaran yang mengintegrasikan Alquran dan natural science, Senin (09/08/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Salah satu tim mahasiswa UM memperlihatkan Qurraci, media pembelajaran yang mengintegrasikan Alquran dan natural science, Senin (09/08/2021). (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) sukses menciptakan media pembelajaran Alquran interaktif berbasis augmented reality (AR). Namanya Qurraci. Qurraci diharapkan bisa jadi media belajar yang efektif dan interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) anak-anak SMA yang mengintegrasikan Alquran dan natural science (Ayat Kauniyah).

Qurraci diciptakan oleh 5 mahasiswa UM yang diketuai oleh Fatwah Inna Aulisaina (Jurusan Manajemen 2019) dengan anggota M. Iqbal Najib F. (Jurusan Pendidikan Biologi 2019), Samudra Mutiara Hasanah (Jurusan Pendidikan Kimia 2019), M. Ahsan Thoriq (Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 2018), dan Fanny Farida (Jurusan Desain Komunikasi Visual 2019).

Menurut salah satu anggota, M. Iqbal Najib, Qurraci bisa menjadi salah satu alternatif pendidikan spiritual di sekolah. Selama ini pembelajaran PAI di kelas masih belum optimal. Metode yang digunakan rata-rata masih konvensional, ceramah, dan penugasan tanpa memberikan inovasi dari materi yang ada.

”Akibatnya, materi tidak diterima dengan baik dan terkadang justru menimbulkan miskonsepsi materi yang menimbulkan perilaku menyimpang,” kata Iqbal, Senin (09/08/2021).

Iqbal menjelaskan, Qurraci menggunakan metode multiple representative. Metode ini merupakan cara menyampaikan suatu konsep dalam bentuk dan ilustrasi tertentu sehingga materi Alquran dan natural science yang bersifat abstrak dan akan lebih mudah dipahami para siswa.

Inilah tampilan AR buku Qurraci jika dibuka lewat smartphone. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Inilah tampilan AR buku Qurraci jika dibuka lewat smartphone. (Foto: Dokumen)

Terlebih, hampir semua siswa SMA saat ini memiliki gadget, di mana ini justru potensi besar yang dapat dikolaborasikan dalam upaya meningkatkan angka literasi di Indonesia.

Buku Qurraci berisi tentang kajian ayat Alquran yang diintegrasikan dengan materi natural science yang terbagi dalam tiga bab utama, yakni biologi, fisika, dan kimia. Buku ini memiliki 61 halaman yang di dalamnya ada puluhan ilustrasi yang divisualisasikan dengan augmented reality.

Selain itu, pada halaman pertama akan terdapat barcode yang dapat dihubungkan ke smartphone. Saat dihubungkan ke smartphone akan memiliki beberapa fitur, seperti audio ayat dengan basis qiraat Imam Nafi riwayat warsy, tafsir ayat yang menyediakan tafsir dari berbagai masa, video AR disertai audio murottal dengan irama nahawand, dan evaluasi berbasis gamifikasi.

Iqbal menegaskan, materi yang disajikan telah dilakukan dengan berbagai validasi ke ahli materi dan media. Materi disusun dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan penuh dengan pesan moral.

Selain itu, materi yang disajikan tak hanya berorientasi pada mata pelajaran PAI semata. Ada juga beberapa materi tambahan di bidang tafsir dan natural science sehingga menurut dia buku ini tidak hanya cocok bagi siswa SMA.

”Tapi, juga cocok untuk siswa SMP atau bahkan mahasiswa yang ingin belajar ayat kauniyah yang mengintegrasikan Alquran dan natural science,” imbuhnya.

Iqbal menambahkan, sejauh proses pengembangan media ini telah menuai banyak prestasi, baik di level nasional maupun internasional. Sebut saja medali emas di ajang International Invention Competition For Young Moslem Scientists (IICYMS) 2021 kategori Educations.

Lalu, ada special award dari Malaysia Innovation Invention Creativity Assosiation (MIICA) 2021, di mana kegiatan ini diikuti 17 negara dengan 155 tim.

Selain itu, buku ini juga mendapatkan pendanaan dari Mendikbudristek dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan 2021.

”Harganya juga terjangkau di angka Rp 63.500, harga ini sudah termasuk dengan aplikasi di dalamnya,” imbuhnya.

Kehadiran buku Qurraci ini tak lepas dari bimbingan dosen Sastra Arab M. Rizal Ramadhan dan dosen ekonomi Achmad Murdiono. Harapannya dengan hadirnya media pembelajaran Qurraci ini dapat mengoptimalkan pendidkan spiritual dan intelektual bagi siswa.

  • Bagikan