Mahasiswa UMM Gelar Wisuda TK Dharma Wanita Persatuan 1 Malang di Tengah Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Mahasiswa PMM kelompok 69 UMM foto bersama para guru TK Dharma Wanita Persatuan 1, Karangploso, Kabupaten Malang, usai pelaksanaan acara wisuda pada Sabtu (03/07/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Mahasiswa PMM kelompok 69 UMM foto bersama para guru TK Dharma Wanita Persatuan 1, Karangploso, Kabupaten Malang, usai pelaksanaan acara wisuda pada Sabtu (03/07/2021). (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah menggelar pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM). Kali ini kelompok 69 UMM melaksanakannya di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, dengan menggelar acara wisuda di tengah pandemi Covid-19, Sabtu (03/07/2021).

Untuk kelompok 69 ini, mereka terdiri dari 5 mahasiswa. Yaitu, Tania (PGSD), Gledys (ilmu pemerintahan), Pepi, Nandik, dan Allan (teknik informatika). Mereka membantu kegiatan mulai dari mengajari anak-anak menari sebelum wisuda, menjadi MC, hingga menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan membagikan masker ketika wisuda digelar.

Ketua PMM kelompok 69 UMM Tania saat pelaksanaan wisuda di TK Dharma Wanita Persatuan 1, Karangploso, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Ketua PMM kelompok 69 UMM Tania saat pelaksanaan wisuda di TK Dharma Wanita Persatuan 1, Karangploso, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

Untuk proses sebelum pelaksanaan wisuda, kelompok 69 membantu mengajar anak-anak tarian gemu famire dan padang bulan hiphop. Persiapan pun dilaksanakan kurang lebih selama 3 minggu agar mereka tampil maksimal.

Sedangkan saat pelaksanaan wisuda, PMM kelompok 69 membagikan masker dan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, mereka juga mengatur jalannya wisuda dengan menerapkan social distancing kepada para wali murid dan para murid TK Dharma Wanita Persatuan 1 maupun kepada seluruh yang terlibat dalam acara wisuda tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tawangargo Liami SPd merasa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa UMM yang tengah melaksanakan PMM tahun ini. Dia sangat bersyukur bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini, para mahasiswa masih bisa membantu masyarakat dalam kegiatan di TK Dharma Wanita Persatuan 1.

Mahasiswa PMM kelompok 69 UMM mengatur para wali murid dan siswa TK Dharma Wanita Persatuan 1, Karangploso, Kabupaten Malang, untuk menerapkan prokes ketika acara wisuda. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Mahasiswa PMM kelompok 69 UMM mengatur para wali murid dan siswa TK Dharma Wanita Persatuan 1, Karangploso, Kabupaten Malang, untuk menerapkan prokes ketika acara wisuda. (Foto: Dokumen)

“Alhamdulillah, kami bersyukur dengan bantuan dari mahasiswa UMM ini sangat menunjang kegiatan wisuda ini. Mulai dari mengajar menari, melakukan persiapan sebelum hari H, hingga pelaksanaan wisuda. Dan semua berjalan dengan lancar berkat bantuan dari mereka. Kami ucapkan terima kasih banyak,” ujar Ibu Lilik, sapaan akrabnya.

Lilik pun mengatakan meski pengabdian kelompok 69 UMM hanya sebentar, tapi semua sangat berkesan. Dia juga menjelaskan, semoga kegiatan bersama TK Dharma Wanita Persatuan 1 akan menjadi kegiatan silaturahmi antara masyarakat dan mahasiswa, khususnya mahasiswa UMM.

“Ini kegiatan yang begitu memotivasi dan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat kami TK Dharma Wanita Persatuan 1,” ujarnya.

Di tengah acara wisuda yang digelar, salah satu orang tua wali murid yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, terima kasih karena mahasiswa UMM tengah membantu pelaksanaan wisuda dan memeriahkan acara ini meski di tengah pandemi Covid-19.

“Terima kasih banyak untuk kakak-kakak dari UMM yang ikut memeriahkan acara wisuda untuk anak-anak kami. Terima kasih telah memberi kami masker hingga hand sanitizer untuk selalu menjaga prokes selama acara berlangsung,” ujarnya.

Sedangkan mahasiswa PMM kelompok UMM sangat senang bisa mengabdi di TK Dharma Wanita Persatuan 1 ini sehingga acara wisuda berjalan dengan lancar.

“Saya ketua PMM kelompok 69 mewakili teman-teman sangat bersyukur telah dipertemukan dengan para guru yang sangat baik di TK Dharma Wanita Persatuan 1. Berkat mereka, kelompok kami dapat mengulang kembali kenangan di masa TK. Bedanya, kami bukan menjadi siswa, tapi menjadi kakak tutor. Banyak pelajaran yang saya ambil selama mengabdi di TK Dharma Wanita Persatuan 1 dan kami sangat bersyukur diberi kesempatan untuk mengabdi,” ujar Ketua PMM Kelompok 69 Tania. (*)

  • Bagikan