Malang Sepekan: Menhan, Kapolri, dan Panglima Kunjungi Malang - Tugujatim.id

Malang Sepekan: Menhan, Kapolri, dan Panglima Kunjungi Malang

  • Bagikan
Menhan RI, Letjen TNI Purn. Prabowo Subianto dalam kunjungannya di Dodikjur Rindam V/Brawijaya, Kota Malang. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Menhan RI, Letjen TNI Purn. Prabowo Subianto dalam kunjungannya di Dodikjur Rindam V/Brawijaya, Kota Malang. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Berbagai peristiwa terjadi di Malang Raya dalam sepekan terakhir. Kunjungan menteri hingga jenderal pun berdatangan mengunjungi Malang. Mulai kehadiran Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Letjen TNI Purn Prabowo Subianto, kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Tak hanya itu, dibukanya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga menjadi kabar baik warga Malang dan sekitarnya. Apa saja rangkumannya? Yuk, kita simak!

1. Menhan Prabowo Kunjungi Siswa Komcad di Kota Malang

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Letjen TNI Purn. Prabowo Subianto secara langsung mengunjungi siswa Komponen Cadangan (Komcad) di Depo Pendidikan Kejuruan (Dodikjur) Rindam V/Brawijaya, Kota Malang, Senin (6/9/2021).

Rombongan Menhan Prabowo mendapat sambutan langsung dengan demonstrasi keterampilan dari siswa Komcad. Dimana, demonstransi keterampilan tersebut diikuti oleh 500 siswa.

Dalam kunjungannya, Prabowo juga memberikan pidato sambutan dan memberikan pengarahan kepada para siswa Komcad.

“Hari ini saya datang untuk melihat saudara saudara. Saya melihat saudara sekalian telah memiliki semangat yang baik, sikap sikap dasar kemiliteran yang baik dan kedisiplinan yang tinggi,” ujarnya.

2. Wisata Bromo Tengger Semeru Kembali Dibuka

Kawasan wisata Gunung Bromo yang sudah kembali buka meski masih terbatas. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim) tnbts semeru
Kawasan wisata Gunung Bromo yang sudah kembali buka meski masih terbatas. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)

Kabar gembira bagi pecinta wisata yang sudah lama tak bisa menikmati sejuknya wisata alam terbuka. Pasalanya, wisata alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali dibuka untuk umum setelah sekian lama ditutup.

Kasubag Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar BNBTS, Syarif Hidayat menyampaikan bahwa wisata kawasan Gunung Bromo memang telah dibuka. Namun dari beberapa pintu masuk, hanya ada satu pintu masuk yang dibuka.

“Wisata Gunung Bromo kembali diaktifkan. Berdasarkan level persebaran Covid-19 kita memang berbeda beda, namun di Kabupaten Pasuruan sudah level 2, maka pintu masuk yang dibuka hanya di Wonokitri, Pasuruan. Sementara pintu lainnya masih ditutup,” ujarnya, Selasa (7/9/2021).

Selain itu disebutkan, beberapa kawasan yang boleh dikunjungi wisatawan diantaranya Penanjakan, Bukit Kedaluh dan Bukit Cinta. Sementara kawasan padang pasir hingga savana masih ditutup lantaran masuk dalam wilayah registratif Kabupaten Probolinggo yang belum level 2.

3. Polresta Malang Selidiki Dugaan Penyelewengan Insentif Pemakaman Covid-19

Polresta Malang Kota mulai melakukan penyelidikan terhadap adanya dugaan penyelewengan insentif pemakaman Covid-19. Hal itu menyusul adanya kesaksian sejumlah penggali makam atas ketidaksesuaian penerimaan insentif tersebut.

“Kita sudah koordinasi terhadap informasi itu kita bekerjasama dengan Pemkot Malang lagi mendalami dalam hal masalah informasi itu,” ujar AKBP Budi Hermanto, Kapolresta Malang Kota, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, dalam kasus tersebut pihaknya masih harus ada pendalaman untuk membuktikan dugaan yang ada. Selain itu, juga harus ada keterlibatan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) untuk mengaudit kinerja pihak pihak terkait.

Disebutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Malang untuk menyelidiki apakah ada unsur kesengajaan dalam dugaan kasus tersebut.

“Kita juga sudah komunikasikan dengan Kejaksaan, sama sama kita melihat adakah unsur kesengajaan. Kita masih dalam proses penyelidikan,” bebernya.

 

4. Baru 19 Persen Warga Kabupaten Malang Tervaksin

Menjadi PR besar untuk menargetkan vaksinasi 70 persen warga Kabupaten Malang yang totalnya mencapai 2,6 juta penduduk. Namun, hungga saat ini baru 19 persen warga yang sudah menjalani vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

“Vaksinasi sudah 19 persen kita (vaksinasi). Insyaallah akhir tahun terselesaikan target (70 persen),” terang Bupati Malang, Muhammad Sanusi, saat memantau langsung pelaksanaan vaksinasi santri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran.

Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini memberikan bocoran bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menggelontorkan ribuan vaksin lagi untuk Kabupaten Malang.

“Hari ini info dari Kemenkes drop vaksin 24 ribu. Jadi, saya berharap seluruh masyarakat kabupaten malang melaksanakan vaksin ini,” bebernya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bersama Polres Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu juga sudah melaksanakan vaksinasi massal beberapa kali.

“Tiap hari Kabupaten (Malang) bersama Pak Dandim dan Pak Kapolres itu memvaksin 15 ribu dari target 25 ribu. Jadi, target kita 25 (ribu) per hari,” tegasnya.

5. Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Malang

Dari kanan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito saat di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Sabtu (11/09/2021). (Foto: Rizal Adhi Pratama/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Dari kanan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito saat di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Sabtu (11/09/2021). (Foto: Rizal Adhi Pratama/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa, pada Sabtu (11/09/2021) melaunching 20 mobil masker di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

“Saya mengapresiasi Kepala BNPB yang menginisiasi pembagian 500 ribu masker Untuk Malang Raya. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat agar penggunaan masker menjadi kebiasaan baru,” terang Panglima TNI saat memberikan sambutan.

Pria asli Malang ini mengatakan bahwa dengan memakai masker, artinya kita juga memberikan penghormatan kepada tenaga kesehatan yang telah merawat masyarakat yang terpapar COVID-19 tanpa mengenal waktu.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga mengapresiasi sinergitas antara BNPB dan pemerintah daerah.

“Kami pada hari ini hadir dalam peluncuran mobil masker yang akan diluncurkan di wilayah Malang Raya. Dan tentunya kami akan terus bersinergi dan menindaklanjuti untuk melakukan kegiatan yang sama untuk mendukung program yang dilaksanakan oleh BNPB dalam rangka menjaga protokol kesehatan khususnya memakai masker,” ujarnya.

  • Bagikan