Manfaat Daun Kersen sebagai Obat Herbal untuk Melawan Penyakit Diabetes dan Kanker - Tugujatim.id

Manfaat Daun Kersen sebagai Obat Herbal untuk Melawan Penyakit Diabetes dan Kanker

  • Bagikan
Daun kersen yang bisa dijadikan minuman dari tanaman herbal untuk meredakan penyakit diabetes hingga kanker. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Daun kersen yang bisa dijadikan minuman dari tanaman herbal untuk meredakan penyakit diabetes hingga kanker. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Pembaca mungkin sudah tidak asing lagi dengan pohon yang satu ini. Biasanya anak-anak suka memanjat dan mengambil buah yang sering tumbuh di pinggir jalan atau di tepi sungai ini. Apalagi kalau bukan pohon kersen. Buah kersen yang berbentuk bulat dan berwarna merah jika sudah matang, banyak menjadi rebutan anak-anak karena rasanya yang manis dan mengandung banyak vitamin C. Sedangkan daunnya memiliki karakteristik permukaan seperti berbulu halus dan agak bergetah pada bagian dalam daun.

Banyak yang belum mengetahui, jika tidak hanya buah kersen yang bisa dikonsumsi. Daun dari tumbuhan yang memiliki nama latin Muntingia calabura ini juga dapat dikonsumsi dan mengandung banyak manfaat bagi tubuh jika digunakan sebagai obat herbal. Melansir dari Peakd.com, daun kersen mengandung senyawa antioksidan dan mengandung anti-bakteri.

Lalu apa saja khasiat yang terdapat pada daun kersen?

1. Meredakan sakit kepala
2. Meredakan rasa sakit akibat penyakit kronis
3. Meredakan inflamasi
4. Meningkatkan imun tubuh
5. Menurunkan panas demam
6. Membantu orang dengan penyakit diabetes
7. Menurunkan tekanan darah tinggi
8. Melawan kanker

Cara membuat minuman daun kersen!

Cara membuat minuman dari daun Kersen cukup mudah. Bisa dibuat semacam minuman teh. Pertama-tama petik daun kersen dari pohonnya sebanyak satu genggaman tangan. Kemudian tuangi daun kersen dengan air bersih. Setelah itu pembaca bisa memblender daun kersen dengan sedikit air atau menumbuknya. Bisa juga dengan meremas-remas daun hingga hancur. Tahap selanjutnya yaitu merebus daun dengan air. Tunggu hingga 7 menit. Lalu tuangkan ke dalam gelas dengan menyaring daun-daun yang hancur agar tidak terminum. Teh dauh kersen pun siap dikonsumsi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal,dianjurkan untuk mengonsumsi teh daun kersen tiga kali sehari. Bagi pembaca yang memiliki pohon daun Kersen di sekitar pekarangan rumah tentu sangat beruntung, karena bisa mengonsumsi teh daun Kersen setiap hari. Apalagi di saat pandemi seperti ini, teh daun kersen sangat baik jika rutin dikonsumsi. Karena diharapkan akan meningkatkan imun tubuh. Bagaimana pembaca, apakah tertarik untuk mengonsumsi daun kersen?

  • Bagikan