7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Pertajam Daya Ingat - Tugujatim.id

7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Pertajam Daya Ingat

  • Bagikan
Ilustrasi secangkir kopi. (Foto: Pixabay) manfaat kopi untuk kesehatan jantung
Ilustrasi secangkir kopi. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kopi merupakan minuman berkafein yang tengah digandrungi banyak orang. Meskipun banyak manfaat kopi yang bisa diambil jika rutin mengonsumsinya, dampak kopi bagi kesehatan jantung juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena seseorang bisa mengalami peningkatan detak jantung setelah mengonsumsinya.

Jika dilihat efeknya, salah satu efek negatif kopi adalah memicu peningkatan detak jantung. Hal ini juga bisa menyebabkan fibrilasi atrium atau perubahan irama detak jantung. Reaksinya sendiri akan berbeda-beda pada setiap orang. Pada beberapa orang, mereka tidak mengalami peningkatan denyut jantung atau dampak lainnya setelah mengonsumsi kafein.

Dampak kopi bagi kesehatan jantung sendiri tergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak kamu mengonsumsi kafein dalam sehari. Jika tidak terbiasa mengonsumsinya, seseorang bisa saja mengalami palpitasi jantung (jantung berdebar) yang dipicu oleh pelepasan hormon norepinefrin yang menghasilkan efek stimulasi mirip dengan hormon adrenalin.

Bukan itu saja, kafein juga dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam sel-sel jantung yang mampu memengaruhi aktivitas jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Meski kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya, jika terjadi secara berulang, kamu perlu memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mengetahui kondisi kesehatan jantungmu yang sebenarnya.

Lalu, apa saja manfaat kopi bagi kesehatan?

1. Membantu menurunkan berat badan

Jika dikonsumsi secara rutin, kopi tanpa gula dapat membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein mampu membantu proses pembakaran lemak dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh sebesar 3-11 persen.

2. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat minum kopi di pagi hari yang sayang boleh dilewatkan adalah meningkatkan fungsi otak. Kopi mengandung kafein yang bersifat stimultan. Artinya, kafein segera terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang minum kopi.  Dampaknya, minum kopi dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, kewaspadaan, fokus, sampai kemampuan merespons sesuatu.

3. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat kopi selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Ingat, kopi yang disarankan adalah kopi yang bebas gula, karena pengidap kondisi ini tidak dapat mengeluarkan cukup insulin dalam tubuh untuk mengolah kelebihan gula. Pengidap diabetes yang mengonsumsi kopi dengan gula akan membuat penumpukan gula dalam darah.

4. Meningkatkat kapasitas kinerja fisik

Manfaat minum kopi di pagi hari juga bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja fisik sampai 12 persen. Asupan berkafein seperti kopi meningkatkan adrenalin dalam darah. Sehingga, tubuh lebih siap beraktivitas fisik intens. Hal itu dipengaruhi efek kafein yang dapat memecah lemak di tubuh. Dampaknya, tubuh jadi memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak. Anda yang ingin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik intens disarankan minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya.

5. Meningkatkan daya ingat

Manfaat kopi lainnya yaitu membantu meningkatkan daya ingat dengan membantu otak agar tetap aktif. Otak yang tetap aktif akan mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia yang berkaitan dengan rasa lupa. Saat dikonsumsi secara rutin, kopi mampu menurunkan risiko mengidap kedua penyakit tersebut sebanyak 65 persen.

6. Menjaga kesehatan hati

Manfaat minum kopi di pagi hari lainnya yakni membantu menjaga kesehatan hati. Hati adalah organ yang menjalankan beragam peran vital bagi tubuh. Sayangnya, banyak penyakit yang rentan menyerang hati. Termasuk hepatitis, fatty liver, dll. Penyakit hati kebanyakan disebabkan sirosis atau pertumbuhan jaringan parut di hati. Menariknya, minum kopi maksimal empat gelas per hari dapat mencegah seseorang terkena sirosis.

7. Menurunkan risiko penyakit parkinson

Manfaat kopi lainnya yakni menurunkan risiko penyakit parkinson dengan cara meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Penyakit parkinson akan memengaruhi kerja sel-sel saraf pada otak untuk menghasilkan dopamin, yaitu suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab dalam mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf otak.

  • Bagikan