Manfaat Kurma untuk Buka Puasa, Ini Kata Ahli Gizi STIKes Kediri - Tugujatim.id

Manfaat Kurma untuk Buka Puasa, Ini Kata Ahli Gizi STIKes Kediri

  • Bagikan
Manfaat kurma. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi buah kurma.(Foto: Pexels)

KEDIRI, Tugujatim.id – Salah satu buah yang identik dengan Ramadhan, yaitu buah kurma. Ternyata, buah ini memilili kaya manfaat apalagi jika dikonsumsi saat bulan puasa. Sebab, manfaat kurma mampu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Hal itu dikarenakan buah gurun pasir ini banyak mengandung karbohidrat dan antioksidan.

Kurma merupakan salah satu buah yang sering ditemui di bulan puasa serta sering dijadikan santapan berbuka puasa. Buah itu juga dipercaya baik untuk santapan pertama saat berbuka. Sebab, manfaat kurma sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Mirthasari Palupi, ahli gizi dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Karya Husada Kediri, mengungkapkan, buah yang identik dengan Ramadhan ini mengandung kalori, karbohidrat, hingga antioksidan. Dia melanjutkan, buah ini disebut mampu menggantikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

“Buah kurma ini mempunyai sumber karbohidrat sederhana yang sangat baik dikonsumsi saat awal berbuka. Karbohidrat sederhana biasanya akan cepat mengganti energi yang hilang,” ungkapnya pada Selasa (05/04/2022).

Mirthasari menambahkan, mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa hendaknya memakan secara bertahap. Dia mengatakan tetap harus meminum air putih terlebih dulu sebelum mengonsumsinya.

Dia melanjutkan, karena air putih dapat menetralkan tubuh dan memberi hidrasi setelah berpuasa, baru mengonsumsi buah kurma.

Saat berpuasa, sisa-sisa karbo yang tersimpan dalam hati dan otot dalam bentuk glikogen akan dipecah. Kemudian glikogen yang sudah dipecah akan bekerja memenuhi kebutuhan energi harian.

“Karena cadangan makanan di dalam tubuh sudah dimanfaatkan saat puasa, maka penting untuk konsumsi karbohidrat sederhana seperti yang terkandung dalam kurma. Sebab, penyerapannya cepat,” jelasnya.

Upi, panggilan akrabnya, mengingatkan untuk tetap tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Dia menegaskan, untuk mengonsumsi sewajarnya karena anjurkan agama dalam jumlah ganjil antara 3,5 atau 7 buah saja.

“Jangan karena kurma ini baik, lalu satu kotak isi 500 gram dihabiskan semua. Apa pun yang berlebihan itu tidak baik karena saat puasa tubuh kehilangan banyak energi. Karena itu, harus segera makan makanan dengan gizi seimbang dan minum air yang cukup supaya tubuh tetap bugar,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan