Manfaat Minyak Jarak untuk Atasi Kulit Bayi - Tugujatim.id

Manfaat Minyak Jarak untuk Atasi Kulit Bayi

  • Bagikan
Minyak jarak bisa mengatasi kembung dan kulit kering pada kulit bayi. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Minyak jarak bisa mengatasi kembung dan kulit kering pada kulit bayi. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tahukah Anda jika bayi memiliki kulit yang halus, lembut, serta memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi? Karena itu, sebagai orang tua pastikan Anda menggunakan produk perawatan yang aman, tepat, dan nyaman sesuai kulit bayi.

Jika salah memberikan produk perawatan, bisa-bisa menimbulkan reaksi pada kulit bayi, misalnya terjadi ruam, iritasi, hingga kulit kering. Nggak mau kan itu terjadi pada bayi Anda?

Nah, penggunaan salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan untuk perawatan kulit bayi adalah memakai minyak jarak. Minyak ini dikenal dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit pada bayi.

Berikut Tugu Jatim telah merangkum manfaat penggunaan minyak jarak untuk bayi. Simak ya…

1. Mengatasi Kulit Kering

Minyak jarak bagus untuk mengatasi kulit kering pada bayi. Minyak ini bisa melembapkan sehingga membuat kulit bayi Anda tetap halus, lembut, dan kenyal.

2. Mengobati Luka

Minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi yang menjadi solusi ketika bayi Anda luka akibat garukan atau gigitan nyamuk. Minyak ini juga dipercaya dapat menghilangkan bekas lukanya lho!

Cukup oleskan ke area yang terluka, tapi Anda harus memastikan minyak dalam keadaan tidak terlalu panas bagi kulit bayi.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak jarak dapat membuat rambut pada bayi tumbuh lebat dan memperkuat akar rambutnya. Caranya, oleskan ke kulit kepala bayi secara rutin. Minyak jarak juga bisa menghilangkan bintik kemerahan di kulit kepala bayi.

4. Mengatasi Sakit Perut dan Kembung

Cara menggunakan minyak ini supaya meredakan sakit perut dan kembung pada bayi Anda, yaitu dengan mengoleskannya ke perut bayi dengan sedikit pijatan.

5. Mengatasi Ruam Popok

Masalah ini sangat sering ibu-ibu hadapi pada bayinya ketika mengalami ruam. Salah satu cara mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengoleskan minyak jarak untuk mengilangkan ruam pada bayi. Ruam biasanya diakibatkan karena ketidakcocokan dengan produk popok sekali pakai itu.

6. Minyak Pijat

Minyak jarak bisa meredakan rasa nyeri pada bayi lho! Memijat bayi Anda menggunakan minyak jarak akan membuatnya merasa nyaman dan rileks serta bikin tidurnya pulas.

Perlu Anda ketahui, minyak jarak diproduksi dengan mengekstraksi risinolein yang ditemukan dalam biji tanaman jarak. Biji ini mengandung sekitar 60 persen minyak nabati. Tanaman biji jarak mengandung protein risin yang beracun. Namun setelah diolah, minyak jarak dapat digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan serta terapeutik.

Minyak jarak itu termasuk jenis minyak yang aman digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan pada kulit bayi. Meski begitu, dalam penggunaan minyak ini harus berhati-hati jika si kecil mempunyai kulit yang sangat sensitif. Selamat mencoba ya… (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan