Mark Zuckerberg Ubah Facebook Jadi Meta

Mark Zuckerberg Ubah Facebook Jadi Meta

  • Bagikan
Mark Zuckerberg mengumumkan nama baru perusahaannya. /tugu jatim
Mark Zuckerberg berfoto di depan nama baru Facebook yaitu Meta. (Foto: Instagram @Zuck)

Tugujatim.id – CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta. Perubahan ini hanya pada induk perusahaannya dan tidak pada platformnya. Mark mengungkapkan perubahan nama tersebut melalui konferensi AR/VR tahunan Facebook, kamis (28/10/2021).

Dia mengumumkan perubahan nama perusahaannya di laman Instagram pribadinya. Pada unggahan Jumat (28/10/2021) sekitar pukul 01:44 WIB Mark mengatakan bahwa Facebook resmi berganti nama menjadi Meta.

Dilansir dari Kompas.com, perubahan nama ini untuk mencerminakan visi perusahaannya ke depan.

“Untuk mencerminkan siapa diri kita dan masa depan yang kita harapkan untuk membangun, saya bangga berbagi bahwa perusahaan kita sekarang adalah Meta,” tulis Mark Zuckerberg.

Perusahaan baru Meta yang menggunakan simbol infinity biru sebagai logo akan mencakup Facebook, anak perusahaan terbesarnya, serta aplikasi Instagram, WhatsApp, dan Virtual Reality (RV) Oculus.

Virtual Reality (VR) ini merupakan platform ‘kantor tanpa batas’ di mana penggunanya akan mengobrol dengan avatar kartun melalui headset Oculus. Mark mengakui bahwa headset VR masih sulit diadopsi dan perlu ditingkatkan agar orang dapat bekerja di dalamnya sepanjang hari. Ia menjelaskan bahwa metaverse Facebook akan dapat diakses di banyak platform termasuk VR, augmented reality (AR), laptop, perangkat seluler, dan konsol gim.

Mark Zuckeberg berharap metaverse mencapai satu miliar orang dalam dekade berikutnya. Dia menggambarkan rencana futuristic untuk menciptakan dunia digital. Salah satu aplikasi metaverse yang akan dikembangkan oleh Facebook yakni konser 3D atau tiga dimensi di mana nantinya pengguna akan memiliki rasa kehadiran meskipun tidak di tempat yang sama.

Selain itu dalam upaya menarik massa ke platform, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perusahaannya akan terus menawarkan layanan dan perangkat keras kepada pengembang dengan biaya rendah atau gratis.

  • Bagikan