Masa Pemeliharaan, Perbaikan Jembatan Glendeng Masih Tanggung Jawab Rekanan CV Dewi Ratih - Tugujatim.id

Masa Pemeliharaan, Perbaikan Jembatan Glendeng Masih Tanggung Jawab Rekanan CV Dewi Ratih

  • Bagikan
Jembatan Glendeng. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Masyarakat yang menunggu giliran melewati Jembatan Glendeng, penghubung Bojonegoro-Tuban, 4 Januari 2022. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Pasca penutupan kembali akses di Jembatan Glendeng yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Tuban dan Bojonegoro. Rekanan yang sebelumnya mengerjakan perbaikan yaitu CV Dewi Ratih tetap melakukan pembenahan di beberapa titik yang dianggap bermasalah.

Hal tersebut dilakukan Jembatan Glendeng masih menjadi tanggung jawab rekanan selama masa pemeliharaan. Jadi, perbaikan di masa pemeliharaan kemarin sampai saat ini masih tanggung jawab mereka.

“Jadi, perbaikan di masa pemeliharaan itu masih tanggung jawab rekanan,” ujar Kepala Dinas PUPR dan PRKP Tuban Agung Supriyadi pada Minggu (03/07/2022).

Agung menambahkan, meski dalam pertemuan rapat yang dilakukan Pemprov Jatim, Pemkab Tuban, dan Bojonegoro membahas status aset jembatan tersebut, yang dalam hasil Bojonegoro siap mengambil alih aset. Perbaikan masa pemeliharaan akan terus dilakukan.

Jembatan Glendeng. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Jembatan Glendeng Tuban-Bojonegoro saat dilakukan perbaikan beberapa waktu lalu. (Foto: Anang for Tugu Jatim)

Agung membeberkan hasil dari pertemuan terakhir ada tiga poin yang dihasilkan, yakni Kabupaten Bojonegoro siap ambil alih aset, tapi harus ada semacam surat penugasan dari pemerintah pusat atau provinsi terkait aset jembatan.

Dia melanjutkan, baru setelah itu dilakukan penghitungan nilai aset jembatan. Usai dua kelengkapan itu dilakukan, baru asetnya diserahkan ke Bojonegoro.

“Pengambilalihan aset jembatan masih dalam proses, Mas,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, pada awal November 2020, Jembatan Glendeng mengalami keretakan pada konstruksinya. Hal itu terjadi karena bagian penahan tanah jembatan sisi utara ambles akibat abrasi sungai di sekitar lokasi hingga mengakibatkan jembatan terputus.

Jembatan diperbaiki dan bisa dilewati kendaraan pada awal Februari 2022 dengan total anggaran sekitar Rp 6 miliar yang sumber pendanaannya dari APBD Tuban 2021.

Sayangnya, tidak sampai sebulan, tepatnya 27 Februari 2022, Jembatan Glendeng ditutup kembali untuk kendaraan tertentu. Penutupan ini karena ada keretakan pada konstruksi bawah jembatan. Dan besok Kamis (26/05/2022), jembatan ini ditutup total untuk semua jenis kendaraan.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan