Atasi Setrika yang Lengket? Cukup Pakai Daun Pisang!

  • Bagikan
Daun pisang. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Daun pisang. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Di Indonesia, daun pisang tak sulit untuk ditemukan. Apalagi daun satu ini dikenal sebagai media pembungkus makanan, seperti kue, pembungkus nasi, atau makanan lainnya.

Daun pisang itu sendiri bisa Anda beli di pasar dengan harga yang sangat murah. Selain itu, Anda juga bisa menanam pohon pisang sendiri. Tapi, tahukah Anda jika daun pisang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai pembungkus makanan, Tugu Jatim juga bakal membeberkan 6 manfaat lainnya. Simak ya…

1. Daun Pisang Kering Jadi Polybag

Anda bisa memanfaatkan daun pisang kering ini sebagai media tanam. Kandungan seperti protein, hemiselulosa, dan lignin justru baik dimanfaatkan sebagai media budi daya jamur merang. Daun pisang itu sendiri bisa Anda gunakan sebagai pengganti polybag. Cara ini sangat baik untuk mengurangi penggunaan plastik.

2. Sembuhkan Ikan

Ternyata daun pisang kering ampuh untuk menjaga kesehatan ikan, terutama untuk jenis cupang, karena bisa menghilangkan penyakit. Selain itu, juga meningkatkan kesuburan hingga membantu pemulihan ikan yang terkena penyakit. Cara ini memang terbilang cukup aneh, tapi sudah banyak yang membuktikannya.

Selain menyembuhkan ikan cupang, juga sembuhkan ikan jenis air tawar. Umumnya daun pisang yang kering hanya perlu dibersihkan dan dimasukkan ke dalam kolam atau wadah pembesaran  ikan cupang. Manfaat lainnya sebagai kesiapan bertelur bagi indukan cupang dan mampu meningkatkan warna ikan cupang agar semakin cerah.

3. Mengobati Gigitan Serangga

Daun pisang diketahui mengandung sejumlah polifenol, seperti epigallocatechin gallate atau EGCG yang biasa ditemukan pada teh hijau. Daun ini bisa digunakan untuk mengobati bekas luka akibat gigitan serangga beracun, gigitan lebah, laba-laba, ruam, dan iritasi kulit. Senyawa tersebut mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Antioksidan alami yang tinggi berfungsi untuk proses penyembuhan gigitan serangga.

4. Atasi Setrika yang Lengket

Penggunaan daun pisang untuk mengatasi setrika yang lengket ini cukup mudah. Caranya ambil daun pisang yang masih segar, kemudian gosokkan daun tersebut pada permukaan setrika yang masih panas.

Kandungan lilin pada daun pisang akan membuat setrika licin kembali. Anda bisa gunakan campuran baking soda dan celupkan lap bersih ke dalamnya. Pastikan setrika dalam keadaan dingin, baru digosok ke permukaan dasarnya dengan campuran bahan itu.

5. Obat Alternatif saat Mimisan

Mimisan biasanya disebabkan karena tubuh terlalu lelah. Dalam hal ini, daun pisang bisa digunakan untuk menahan darah yang keluar dari hidung.

Caranya dengan menumbuk daun pisang hingga halus, lalu dioleskan sedikit ke bagian hidung. Pastikan sebelumnya daun pisang sudah dicuci dan bersih ya supaya terhindar dari bakteri. (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan