5 Hal Positif yang Tercipta Ketika Kita Membiasakan Duduk dengan Benar - Tugujatim.id

5 Hal Positif yang Tercipta Ketika Kita Membiasakan Duduk dengan Benar

  • Bagikan
duduk dengan benar. perempuan duduk di depan laptop
Postur tubuh duduk dengan benar. (Foto: Pinterest)

Memiliki postur tubuh yang tegak tentu menjadi idaman kebanyakan orang dan tentu kamu tidak menginginkan postur seperti udang bukan? Akan tetapi seiring merebaknya dunia digital apalagi saat kondisi Work from Home tidak bisa dipungkiri bahwa kita menghabiskan kebanyakan waktu dengan duduk.

Bagi kamu yang sering berlama-lama di depan komputer, penting untuk menjaga posisi duduk yang benar. Hal ini dapat membawa sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan bahkan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja di depan komputer. Simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: Pemanasan Global Lebih Berbahaya daripada Virus Corona

1. Membantu tubuh bernapas lebih baik

Sekilas mungkin kita tidak menyadari bagaimana pernapasan kita namun jika diperhatikan lebih jelas posisi duduk yang tidak tegak akan menekuk bagian tubuh atas kita. Ketika dalam posisi membungkuk otot dan tendon bagian depan akan menjadi lebih pendek. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang akan kesulitan untuk mengambil napas panjang. Saat kita sedang berdiri tubuh bisa mendapatkan oksigen hampir sebanyak 30% dan saat kita duduk jumlah ini akan berkurang.

2. Menghindari sakit punggung

cara duduk dengan benar. Posisi duduk yang benar
Duduk secara tegak dengan benar bisa mengurangi rasa sakit pada punggung. (Foto: Pinterest)

Tidak bisa dibantah bahwa saat kita terlalu lama duduk di depan komputer akan membuat punggung terasa pegal. Posisi duduk yang tidak tegak justru semakin memperburuk kondisi ini. Tubuh manusia telah didesain dalam posisi “netral” dalam artian bahwa panggul, tulang punggung, dan kepala berada dalam posisi lurus. Posisi duduk yang membungkuk akan memberikan tekanan berlebih pada tulang belakang dan otot yang ada di sekitarnya. Kondisi inilah yang dapat memicu sakit punggung.

Baca Juga: Orang Kaya Punya Kesempatan Lebih Sukses? Apa Benar?

3. Mengurangi sakit kepala

Duduk dengan membungkuk dimana kepala dan pundak berada pada posisi lebih bawah daripada seharusnya hanya akan menambah beban pada tubuh Anda. Hal ini dapat menjadi pemicu munculnya sakit kepala. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang seringkali duduk membungkuk dalam waktu lama akan semakin beresiko terkena sakit kepala dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Meningkatkan energi, optimisme, dan suasana hati

Sebuah penelitian oleh seorang profesor kesehatan holistik dari San Francisco State University, Dr. Erik Peper, menjelaskan bahwa posisi duduk dapat mempengaruhi energi, optimisme, dan suasana hati orang tersebut. Secara tidak langsung duduk membungkuk akan menghabiskan energi lebih banyak daripada duduk tegak. Faktor kelelahan akibat energi yang terpakai inilah yang akhirnya berujung pada sakit punggung.

Baca Juga: 12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

5. Meningkatkan konsentrasi

Proses pernapasan yang berjalan dengan baik bahkan saat dalam posisi duduk akan meningkatkan jumlah oksigen yang disalurkan ke otak kita. Sel-sel dalam otak akan mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi dengan pernapasan yang baik dan posisi duduk tegak. Hal inilah yang dapat membuat kamu lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Ketika otak dalam kondisi baik maka kamu juga bisa meningkatkan konsentrasimu. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: medicalnewstoday.com

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.