Mengisi Libur Lebaran, Inilah Rutinitas yang Cocok Anda Lakukan... - Tugujatim.id

Mengisi Libur Lebaran, Inilah Rutinitas yang Cocok Anda Lakukan…

  • Bagikan
Ilustrasi membaca. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi membaca. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Saat libur Lebaran, sebagian dari Anda mendapat kesempatan untuk merayakan libur panjang bersama keluarga dan diberi kelonggaran dari rutinitas pekerjaan. Dalam momen itu, acap kali Anda bingung menjalankan rutinitas apa yang cocok untuk dilakukan.

Bila menjalani libur dengan rencana dan agenda yang kosong, bakal membuat Anda menyesal karena menyiakan waktu liburan dengan hal-hal yang tidak seberapa penting dan tak begitu menyenangkan untuk diri sendiri atau keluarga.

Tugu Jatim pun telah merangkum beberapa kegiatan maupun rutinitas yang dapat Anda lakukan untuk mengisi hari-hari libur Lebaran agar lebih bermanfaat, berguna, dan menyenangkan untuk diri sendiri maupun keluarga besar. Apa saja?

1. Berlibur Bersama Keluarga di Kota Sendiri

Berlibur setelah merayakan momen Lebaran merupakan pilihan yang tepat. Apalagi ada kebijakan larangan mudik, tapi tempat wisata masih dibuka. Jadi, Anda dan keluarga besar masih bisa membahagiakan diri dan saling mempererat silaturahmi dengan liburan di kampung halaman atau kota kelahiran.

Dengan berlibur, bakal ada banyak momen berkualitas bersama keluarga. Hal itu juga bisa diabadikan dengan berswafoto, bercanda, serta mengobrol banyak hal sembari menikmati makanan di lokasi wisata menjadi pilihan menarik untuk mengisi liburan Lebaran. Momen seperti ini bisa dipakai agar liburan kita menjadi lebih bermakna dan tidak sia-sia tanpa kesan.

2. Menulis Cerita dan Pengalaman Hidup di Laman Online Pribadi

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang menarik. Karena menulis dapat mengabadikan momen-momen dalam hidup, mencatat makna yang tertuang dalam keseharian, sehingga Anda dapat memetik satu atau dua hikmah dari kegiatan sehari-hari yang sempat atau sedang dilakukan.

Libur Lebaran juga dapat Anda isi dengan menulis cerita, pengalaman, atau hikmah apa saja yang telah didapat. Selain bermanfaat untuk dokumentasi kehidupan, menulis juga dapat dipakai untuk refleksi diri. Sebagai upaya rendah hati melihat kesalahan, mengambil hikmah, dan memperbaikinya di kemudian hari.

3. Berkunjung ke Saudara untuk Silaturahmi

Mengingat ada kebijakan terkait larangan mudik Lebaran dari pemerintah, Anda dapat mengisi waktu libur Lebaran dengan kegiatan silaturahmi ke rumah keluarga atau kerabat yang rumahnya masih dekat dengan tempat tinggal Anda. Silaturahmi merupakan budaya yang penting dan harus tetap dijaga untuk menambah kedekatan kita dengan keluarga atau kerabat.

Semakin hari, silaturahmi dianggap sebagai kegiatan yang biasa, tertinggal, dan kuno. Banyak orang yang lebih memiliki bertegur sapa melalui media sosial, lantas tidak perlu lagi bertemu secara fisik. Padahal, di balik silaturahmi tersimpan banyak sekali kemuliaan dan manfaat, salah satunya dapat memperlancar rezeki keluarga.

4. Membaca Buku Pengetahuan, Novel, Maupun Artikel

Membaca buku juga menjadi kegiatan andalan di saat banyak waktu luang yang tersedia. Termasuk saat menikmati libur Lebaran yang begitu panjang. Membaca buku pengetahuan, novel, maupun artikel dapat menambah kapasitas keilmuan Anda, yang nantinya akan meningkatkan literasi dan menjadikan sikap, tindak-tanduk, serta perilaku Anda makin bijaksana.

Selain itu, membaca buku apa saja dapat meningkatkan daya analisis Anda juga hingga merawat ingatan agar tetap tajam. Jadi, saat masuk kerja nanti, otak masih aktif dan refresh untuk memulai aktivitas lagi.

 

  • Bagikan