Menkes RI Gunadi Sadikin: Indonesia Siap Transisi dari Pandemi ke Endemi - Tugujatim.id

Menkes RI Gunadi Sadikin: Indonesia Siap Transisi dari Pandemi ke Endemi

  • Bagikan
Pandemi. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden/Tugu Jatim)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (04/04/2022). (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

TUBAN, Tugujatim.id – Pemerintah Indonesia siap bertransisi dari status pandemi ke endemi. Hal tersebut mengingat kondisi kasus virus Covid-19 di Nusantara sudah dapat dikendalikan.

Meski begitu, pemerintah tak bosan-bosannya mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan hal itu saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (04/04/2022).

“Selama ini masyarakat makin siap menyadari apa yang harus dilakukan menghadapi pandemi ini. Hal itu menunjukkan kita siap untuk bertransisi dari pandemi ke endemi,” ujar Budi.

Dia menambahkan, dengan kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia yang sudah jauh membaik, bahkan Indonesia menjadi salah satu negara yang relatif jauh lebik baik dibanding negara-negara lain, termasuk negara tetangga.

“Berdasarkan kondisi seperti ini, pemerintah merasa yakin bahwa kita bisa lebih melakukan aktivitas secara lebih bebas,” terangnya.

Namun, pemerintah tetap akan berhati-hati karena menyadari lonjakan kasus yang tinggi pada beberapa bulan terakhir selalu terjadi dengan adanya varian baru. Jadi, pemerintah selalu memonitor hal itu.

Selain itu, lonjakan kasus yang terjadi di Eropa dan China itu disebabkan varian baru yang bernama Omicron BA2.

“Sebenarnya varian ini juga sudah masuk di Indonesia dan sudah menjadi varian dominan juga,” ujarnya.

Gunadi merasa beruntung dengan kondisi imunitas masyarakat Indonesia yang cukup tinggi. Dia melanjutkan, sehingga varian baru ini tidak mengakibatkan adanya lonjakan kasus yang signifikan.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga sudah mengumumkan, setelah dua tahun masyarakat Indonesia boleh menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman kembali saat Ramadhan dan Lebaran.

“Otomatis jangan lupa yang belum vaksin. Atau baru vaksin pertama dites PCR. Untuk dosis kedua masih perlu tes antigen serta yang sudah booster lengkap tak perlu tes lagi,” ucapnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan